Show simple item record

dc.contributor.advisorLumbanraja, Posman
dc.contributor.authorSirait, Rouly Novalyna
dc.date.accessioned2022-11-14T08:50:52Z
dc.date.available2022-11-14T08:50:52Z
dc.date.issued2013
dc.identifier.urihttps://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/59539
dc.description.abstractSkripsi ini berjudul Strategi Bisnis Jasa Transportasi pada CV. Sartika Group. Latar belakang skripsi ini adalah persaingan usaha yang semakin ketat dalam bidang jasa transportasi terutama bus, maka menuntut perusahaan untuk mengetahui strategi bisnis yang diterapkan dan mengetahui kondisi lingkungan internal dan eksternal perusahaan karena hal tersebut secara tidak langsung dapat mempengaruhi kelangsungan hidup perusahaan kedepannya. Besarnya minat masyarakat menggunakan jasa transportasi darat, khususnya jasa transportasi bus untuk melakukan perjalanan pulang atau bepergian ke berbagai daerah, menyebabkan semakin banyak munculnya para pengusaha baru yang melihat peluang bisnis dalam bidang jasa transportasi bus yang melayani antar kota antar propinsi atau dalam propinsi. Dari hal tersebut dapat membuat analisis strategi bisnis. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif Kualitatif yang bertujuan mengetahui pelaksanaan dari penerapan strategi bisnis yang ada pada CV. Sartika Group Medan dalam mengetahui potensi dari kendala atau ancaman yang ditimbulkan dan penerapan strategi yang sebaiknya digunakan oleh perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bisnis yang dapat membantu CV. Sartika Group agar dapat bertahan dan bersaing dengan usaha lain yang sejenis. Penelitian yang dilakukan bersifat deskriptif dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi,wawancara, serta dokumentasi. Alat analisis yang digunakan yaitu analisis SWOT untuk mengetahui keunggulan-keunggulan strategis yang dimiliki CV. Sartika Group Medan. Berdasarkan diagaram SWOT, IFAS, EFAS, hasil penelitian menunjukan Faktor Internal dan Eksternal CV. Sartika Group Medan berada pada kuadran II, yaitu Strategi Diversifikasi yang dapat disimpulkan meskipun menghadapi berbagai ancaman, perusahaan mempunyai keunggulan sumberdaya. Dan dapat memanfaatkan peluang yang ada pada jangka panjang dan dilakukan melalui pengguna strategi diversifikasiproduk atau pasar Berdasarkan analisis lingkungan internal dan eksternal diperoleh kesimpulan bahwa CV. Sartika Group Medan berada pada posisi kompetitif serta kondisi perusahaan sedang dalam kondisi tumbuh dan membangun, sehingga alternatif strategi yang perlu diterapkan yaitu strategi ST. Dari penerapan strategi ST dan berdasar matriks SPACE maka yang perlu diprioritaskan oleh CV. Sartika Group Medan dalam menghadapi persaingan yang semangkin ketat yaitu penerapan strategi pengembangan pasar, prioritas kedua yaitu strategi pengembangan produk, selanjutnya yaitu strategi integrasi kedepan, belakang, dan horizontal, serta penerapan strategi penetrasi pasar.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectAnalisis Strategi Bisnisen_US
dc.subjectSWOT pada Jasa Transportasi (CV. Sartika Group)en_US
dc.subjectPerumusan Strategien_US
dc.titleStrategi Bisnis Jasa Transportasi pada CV Sartika Group Medanen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nimNIM090907014
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI63211#llmu Administrasi Bisnis
dc.description.pages94 Halamanen_US
dc.description.typeSkripsi Sarjanaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record