Show simple item record

dc.contributor.advisorSiahaan, Asima Yanty Sylvania
dc.contributor.authorRohmi, Selty Setiami
dc.date.accessioned2022-11-14T09:48:09Z
dc.date.available2022-11-14T09:48:09Z
dc.date.issued2009
dc.identifier.urihttps://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/59644
dc.description.abstractPada dasarnya setiap manusia membutuhkan pelayanan yang tidak dapat dipisahkan dari diri setiap individu. Keinginan mendapatkan pelayanan yang baik tidak memandang kaya atau miskin, tua maupun muda. Semua lapisan menginginkan diberi pelayanan yang terbaik. Hal ini lah yang mendasari keinginan masyarakat Kecamatan Depati VII untuk melakukan pemekaran. Masyarakat merasa pelayanan yang diberikan oleh kecamatan terdahulu tidak lagi dapat memberikan pelayanan yang sesuai dengan keinginan masyarakat yakni cepat tanggap akan keperluan masyarakat. Terlalu luasnya cakupan wilayah kerja membuat aparat kecamatan lamban dalam menanggapi keinginan masyarakat yang datang ke kecamatan untuk mengurus berbagai keperluan. Sebagian masyarakat merasa terabaikan karena lama menunggu antrian tapi urusannya tidak dapat diselesaikan aparat kecamatan dengan cepat. Oleh karena itu, bersama beberapa tokoh masyarakat yang sekarang tergabung dalam Kecamatan Depati VII mengajukan permohonan untuk diadakannya pemekaran kecamatan dengan harapan setelah pemekaran ini dilaksanakan pelayanan publik di kecamatan akan semakin membaik. Adapun yang menjadi rumusan permasalahan dalam penulisan skripsi ini adalah bagaimana Pengaruh Pemekaran Kecamatan Terhadap Efektifitas Pelayanan Publik Pada Kantor Kecamatan Depati VII Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi dengan tujuan untuk mengetahui adakah pengaruh pemekaran kecamatan terhadap efektifitas pelayanan public, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pemekaran kecamatan terhadap efektifitas pelayanan publik di Kantor Kecamatan Depati VII, serta untuk mengetahui bagaimana pengaruh pemekaran kecamatan terhadap pelayanan publik di Kecamatan Depati VII.. Bentuk penelitian ini adalah asosiatif dengan analisa kuantitatif dengan maksud untuk mencari pengaruh antara variabel independent (bebas) dengan variabel dependen (terikat). Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Deapati VII Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi. Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuisioner, wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pemekaran kecamatan dengan efektifitas pelayanan publik di Kecamatan Depati VII. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan koefisien korelasi diperoleh rhitung sebesar 0,69 yang berarti terdapat hubungan antara variabel pemekaran kecamatan (X) dengan variabel efektifitas pelayanan publik (Y), dan tingkat hubungannya adalah kuat. Dari perhitungan determinasi diketahui bahwa pengaruh pemekaran kecamatan terhadap efektifitas pelayanan publik adalah sebesar 47,61 %. Pengaruh pemekaran kecamatan terhdap efektifitas pelayanan publik adalah positif yang dapat diuji melalui rumus Y= 511,49 + 4,25X. Artinya apabila nilai variabel X (pemekaran kecamatan) dinaikkan sebanyak satu satuan, maka nilai variabel Y (efektifitas pelayanan publik) akan meningkat pula.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.titlePengaruh Pemekaran Kecamatan terhadap Efektifitas Pelayanan Publik (Studi Kasus pada Kecamatan Depati VII Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi)en_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nimNIM050903042
dc.identifier.nidnNIDN0026016404
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI63201#Ilmu Administrasi Publik
dc.description.pages111 Halamanen_US
dc.description.typeSkripsi Sarjanaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record