Pengaruh Profesionalisme Kerja Pegawai terhadap Kualitas Pelayanan Publik (Studi pada Kantor Pelayanan Pajak Medan Petisah)
View/ Open
Date
2010Author
Saragih, Lamtiur Mayasari
Advisor(s)
Nasution, Muhammad Husni Thamrin
Metadata
Show full item recordAbstract
Pelayanan dalam bidang perpajakan adalah salah satu bentuk pelayanan
publik yang diselenggarakan oleh pemerintah. Kantor Pelayanan Pajak Pratama
Medan Petisah mempunyai tugas memberikan pelayanan perpajakan kepada
masyarakat. Dan pelayanan perpajakan yang diharapkan tentunya adalah pelayanan
yang memiliki kualitas yang baik dan dapat memuaskan, tentunya membutuhkan
profesionalisme kerja pegawai yang merupakan salah satu indikator yang penting
untuk dapat meningkatkan kinerja, dalam hal ini adalah profesionalisme kerja
pegawai yang mendukung terciptanya kualitas pelayanan perpajakan yang lebih baik.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui profesionalisme
kerja pegawai di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Medan Petisah dan untuk
mengetahui kualitas pelayanan publik dengan adanya profesionalisme kerja pegawai
di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Medan Petisah. Dan secara khusus untuk
mengetahui pengaruh profesionalisme kerja pegawai terhadap kualitas pelayanan
publik pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Medan Petisah.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitan deskriptif dengan
analisa kuantitatif. Data yang diperoleh dengan menyebarkan angket kepada
responden sebanyak 70 orang yang terpilih sebagai sampel, peneliti juga mengadakan
pengamatan langsung di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Medan Petisah.
Selanjutnya data diolah dengan menggunakan koefisien korelasi product moment
yang dilanjutkan dengan uji determinasi.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka diperoleh hasil bahwa
profesionalisme kerja pegawai mempunyai pengaruh yang positif terhadap kualitas
pelayanan publik dan pengaruhnya berada pada kategori sedang terbukti dengan hasil
penghitungan koefisien korelasi product moment sebesar 0.55 % dan ini berarti
bahwa koefisien korelasi signifikan dan hipotesis penelitian dapat diterima.
Selanjutnya dengan penghitungan korelasi determinasi diperoleh hasil sebesar
30.25% yang berarti bahwa pencapaian kualitas pelayanan publik pada Kantor
Pelayanan Pajak Pratama Medan Petisah dipengaruhi oleh profesionalisme kerja
pegawai sebesar 30.25 % selebihnya 69.75 % dipengaruhi oleh variabel lainnya yang
tidak termasuk dalam penelitian ini.
Collections
- Undergraduate Theses [1936]
