dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh produk tabungan dan
pelayanan terhadap kepuasan nasabah pada PT. Bank Sumut Kantor Cabang
Pembantu USU Medan. Sampel dalam penelitian ini adalah semua nasabah produk
tabungan PT. Bank Sumut Kantor Cabang Pembantu USU Medan yang berjumlah
100 nasabah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi,
daftar pertanyaan (kuesioner), dan studi kepustakaan. Sedangkan teknik analisis
data yang digunakan adalah dengan teknik uji asumsi klasik, analisis regresi linier
berganda dan uji hipotesis dengan menggunakan software SPSS 18.00.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh antara produk tabungan
dan pelayanan terhadap kepuasan nasabah. Ada pengaruh positif dan signifikan
antara produk tabungan dan pelayanan terhadap kepuasan nasabah, maka hipotesis
diterima. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,442 yang menunjukkan bahwa
antara produk tabungan dan pelayanan secara bersama-sama dapat menjelaskan
kepuasan nasabah (Y) Bank Sumut KCP USU Medan sebesar 44,2%, sedangkan
sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Adanya hubungan antara produk tabungan dan pelayanan terhadap kepuasan
nasabah, sebaiknya perusahaan lebih memperhatikan produk jasa yang dijual dan
pelayanan yang diberikan agar dapat menciptakan kepuasan nasabah. | en_US |