Pengaruh Pelaksanaan Prinsip-Prinsip Good Governance terhadap Kualitas Pelayanan Publik ( Studi pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Medan Timur Direktorat Jenderal Pajak Kantor Wilayah Sumut I )
View/ Open
Date
2010Author
Ardhani, Nazlia Safira
Advisor(s)
Trimurni, Februati
Metadata
Show full item recordAbstract
Pajak merupakan sumber penerimaan dalam negeri yang utama. Oleh karena
itu tidak dapat dipungkiri bahwa peran pajak sangatlah penting bagi negara.
Pendapatan dari sektor pajak sangat dibutuhkan oleh negara yang saat ini tengah
melaksanakan pembangunan di segala bidang. Pelayanan publik yang berkualitas
tentunya menjadi faktor penting bagi penyelenggaraan pelayanan perpajakan
seiring dengan semakin pesatnya kebutuhan dan tuntutan masyarakat. Salah satu
cara yang sesuai untuk mewujudkan pelayanan yang berkualitas dan mengatasi
permasalahan yang sering timbul di dalam pelayanan adalah dengan menerapkan
prinsip-prinsip good governance di Kantor Pelayanan Pajak Medan Timur. Kantor
Pelayanan Pajak Pratama Medan Timur merupakan salah satu institusi pemerintah
yang berfungsi melayani wajib pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban
perpajakan. Penerapan prinsip-prinsip good governance memiliki peran penting
sebagai salah satu unsur reformasi birokrasi. Melalui pelaksanaan prinsip-prinsip
good governance yang diterapkan oleh pegawai, diharapkan wajib pajak
mendapatkan kemudahan pelayanan dan dapat mengatasi segala permasalahan
dan keluhan.
Metode penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan
analisa kuantitatif, dengan maksud untuk mencari pengaruh antara variabel X
(pelaksanaan prinsip-prinsip good governance) dan variabel Y (kualitas pelayanan
publik). Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah pegawai yang bekerja
di KPP Pratama Medan Timur yaitu sebanyak 69 orang serta wajib pajak KPP
Pratama Medan Timur sebanyak 11 orang yang digunakan sebagai pembanding.
Penarikan sampel berdasarkan pendapat Arikunto yaitu apabila jumlah populasi
kurang dari 100 orang, maka diambil keseluruhannya, sehingga penelitiannya
merupakan penelitian populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan
kuesioner dan pengamatan (observasi).
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, terdapat hubungan yang sangat
kuat antara pelaksanaan prinsip-prinsip good governance terhadap kualitas
pelayanan publik sebesar 0,87 yang berarti koefisien korelasi positif. Jadi, ada
hubungan positif antara pelaksanaan prinsip-prinsip good governance terhadap
kualitas pelayanan publik dengan signifikansi sebesar 14,45. Dan besarnya
pengaruh pelaksanaan prinsip-prinsip good governance terhadap kualitas
pelayanan publik adalah sebesar 75,69%.
Collections
- Undergraduate Theses [1936]
