Implementasi Pelayanan Kesehatan kepada Penerima Jaminan Sosial Tenaga Kerja (JAMSOSTEK) di Rumah Sakit Umum Dr G L Tobing PT Perkebunan Nusantara II Tanjung Morawa
View/ Open
Date
2010Author
Saragih, Effry Pranata
Advisor(s)
Ketaren, Nurlela
Metadata
Show full item recordAbstract
Melalui pembangunan ketenagakerjaan di Indonesia diharapkan dapat meningkatkan
produktivitas kerja para tenaga kerja dimana telah diatur hak-hak dan perlindungan mendasar
bagi tenaga kerja dan pekerja/ buruh, dan upaya pemerintah juga mengeluarkan Undang-
Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Dalam perundang-undangan
tersebut telah diatur bahwa setiap tenaga kerja dan keluarga berhak memperoleh jaminan
sosial tenaga kerja atau yang disebut dengan JAMSOSTEK, dimana JAMSOSTEK ini
merupakan asurasi kesehatan/jiwa bagi tenaga kerja dan pekerja/ buruh dan juga telah
dikeluarkan pemerintah Undang-Undang No 3 Tahun 1992 tentang Jaminan Sosial Tenaga
Kerja, dimana terdapat program JAMSOSTEK tentang pemeliharaan kesehatan. Dan dalam
penelitian ini akan dikaji lebih dalam mengenai implementasi pelayanan kesehatan kepada
penerima JAMSOSTEK di Rumah Sakit Umum dr. G. L Tobing PT. Perkebunan Nusantara
II Tanjung Morawa ,karena dapat diketahui bahwa kesehatan merupakan hal yang sangat
penting bagi tenaga kerja dalam melaksanakan kegiatannya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat dan menggambarkan pelaksanaan
pelayanan kesehatan yang diberikan Rumah Sakit dr. G.L Tobing PT. Perkebunan Nusantara
II Tanjung Morawa kepada penerima JAMSOSTEK. Dalam penelitian ini juga akan dilihat
realisasi pelayanan yang diberikan untuk tercapainya tujuan yang telah ditetapkan antara
pihak rumah sakit dengan PT. JAMSOSTEK. Metodologi penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode bentuk deskriptif dengan analisa data kualitatif, unit analisis
yang terdiri dari informan kunci yaitu Kepala Rumah Sakit dr. G.L Tobing , Kepala Tata
Usaha Rumah Sakit Umum dr. G. L Tobing, informan utama yaitu Dokter Umum dan Dokter
Spesialis, Kepala Ruangan, Koordinator Unit Gawat Darurat (UGD), Bagian Radiologi dan
Laboratorium dan pasien penerima JAMSOSTEK.
Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah pelaksanaan pelayanan
kesehatan kepada pasien penerima JAMSOSTEK terlaksana secara maksimal yang sesuai
dengan kesepakatan dalam perjanjian pihak rumah sakit dengan PT. JAMSOSTEK, dimana
dapat dilihat bahwa fasilitas dan pelayanan yang diberikan Rumah Sakit Umum dr. G.L
Tobing PT. Perkebunan Nusantara II tidak ada perbedaaan dengan pasien-pasien yang lain,
dan dengan mudah juga pasien JAMSOSTEK memperoleh pelayanan kesehatan di rumah
sakit tersebut.
Collections
- Undergraduate Theses [1936]
