Show simple item record

dc.contributor.advisorKetaren, Nurlela
dc.contributor.authorSaragih, Effry Pranata
dc.date.accessioned2022-11-15T02:10:13Z
dc.date.available2022-11-15T02:10:13Z
dc.date.issued2010
dc.identifier.urihttps://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/59741
dc.description.abstractMelalui pembangunan ketenagakerjaan di Indonesia diharapkan dapat meningkatkan produktivitas kerja para tenaga kerja dimana telah diatur hak-hak dan perlindungan mendasar bagi tenaga kerja dan pekerja/ buruh, dan upaya pemerintah juga mengeluarkan Undang- Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Dalam perundang-undangan tersebut telah diatur bahwa setiap tenaga kerja dan keluarga berhak memperoleh jaminan sosial tenaga kerja atau yang disebut dengan JAMSOSTEK, dimana JAMSOSTEK ini merupakan asurasi kesehatan/jiwa bagi tenaga kerja dan pekerja/ buruh dan juga telah dikeluarkan pemerintah Undang-Undang No 3 Tahun 1992 tentang Jaminan Sosial Tenaga Kerja, dimana terdapat program JAMSOSTEK tentang pemeliharaan kesehatan. Dan dalam penelitian ini akan dikaji lebih dalam mengenai implementasi pelayanan kesehatan kepada penerima JAMSOSTEK di Rumah Sakit Umum dr. G. L Tobing PT. Perkebunan Nusantara II Tanjung Morawa ,karena dapat diketahui bahwa kesehatan merupakan hal yang sangat penting bagi tenaga kerja dalam melaksanakan kegiatannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat dan menggambarkan pelaksanaan pelayanan kesehatan yang diberikan Rumah Sakit dr. G.L Tobing PT. Perkebunan Nusantara II Tanjung Morawa kepada penerima JAMSOSTEK. Dalam penelitian ini juga akan dilihat realisasi pelayanan yang diberikan untuk tercapainya tujuan yang telah ditetapkan antara pihak rumah sakit dengan PT. JAMSOSTEK. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode bentuk deskriptif dengan analisa data kualitatif, unit analisis yang terdiri dari informan kunci yaitu Kepala Rumah Sakit dr. G.L Tobing , Kepala Tata Usaha Rumah Sakit Umum dr. G. L Tobing, informan utama yaitu Dokter Umum dan Dokter Spesialis, Kepala Ruangan, Koordinator Unit Gawat Darurat (UGD), Bagian Radiologi dan Laboratorium dan pasien penerima JAMSOSTEK. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah pelaksanaan pelayanan kesehatan kepada pasien penerima JAMSOSTEK terlaksana secara maksimal yang sesuai dengan kesepakatan dalam perjanjian pihak rumah sakit dengan PT. JAMSOSTEK, dimana dapat dilihat bahwa fasilitas dan pelayanan yang diberikan Rumah Sakit Umum dr. G.L Tobing PT. Perkebunan Nusantara II tidak ada perbedaaan dengan pasien-pasien yang lain, dan dengan mudah juga pasien JAMSOSTEK memperoleh pelayanan kesehatan di rumah sakit tersebut.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectImplementasi Kebijakanen_US
dc.subjectPelayanan Kesehatanen_US
dc.subjectProgram JAMSOSTEKen_US
dc.titleImplementasi Pelayanan Kesehatan kepada Penerima Jaminan Sosial Tenaga Kerja (JAMSOSTEK) di Rumah Sakit Umum Dr G L Tobing PT Perkebunan Nusantara II Tanjung Morawaen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nimNIM060903016
dc.identifier.nidnNIDN0002055406
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI63201#Ilmu Administrasi Publik
dc.description.pages113 Halamanen_US
dc.description.typeSkripsi Sarjanaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record