Persepsi Masyarakat terhadap Kualitas Pelayanan Publik (di Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap Medan Selatan)
View/
Date
2010Author
Nasution, M Syobirin Riza
Advisor(s)
Dewi, Elita
Metadata
Show full item recordAbstract
Pelayanan merupakan perwujudan dari fungsi pemerintahan sebagai bukti pengabdian
kepada masyarakat. Rendahnya kualitas pelayanan di Indonesia saat ini mendorong Pemerintah
untuk segera memperbaiki kualitas pelayanannya, apalagi yang berhubungan dengan pelayanan
pajak kendaraan bermotor yang dicitrakan sebagai pelayanan yang berbelit-belit, memiliki
prosedur yang sangat rumit serta tidak adanya kepastian waktu dan keterbukaan biaya pelayanan
yang dibutuhkan. Akibatnya dari itu semua membuat pertumbuhan ekonomi dan investasi
didaerah menjadi terhambatnya yang juga otomatis berpengaruh pada peryumbuhan ekonomi
nasional.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Persepsi Masyarakat Terhadap Kualitas
Pelayanan Publik pada Kantor SAMSAT Medan Selatan sehingga penulis dapat melakukan
penelitian mengenai tanggapan masyarakat terhadap kualitas pelayanan yang dilaksanakan oleh
petugas SAMSAT Medan Selatan yang mengenai pelayanan sama dan merata, palayanan yang
tepat waktu, pelayanan yang ramah serta pelayanan yang jujur telah berjalan dengan baik dan
sesuai dengan harapan pelanggan, sebab persepsi mereka terhadap pelayanan tersebut diatas
dapat di nilai positif oleh pelanggan.
ngadakan penelitian dengan metode deskriptif analisis agar dapat mengetahui bagaimana
persepsi masyarakat terhadap pelayanan dalam pengurusan pajak kendaraan bermotor pada
kantor SAMSAT Medan Selatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan
melakukan wawancara, observasi, kuisioner, dan studi kepustakaan (library research).
Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa pelayanan yang diberikan
oleh petugas SAMSAT Medan Selatan sudah berjalan sesuai dengan yang semestinya karna
pelayanan sudah terlaksana sesuai dengan wujud pelayanan prima dan sesuai dengan harapan
pelanggan (wajib pajak), sehingga persepsi pelanggang (wajib pajak) terhadap pelayanan
tersebut di nilai positif.
Collections
- Undergraduate Theses [1936]
