Penerapan Electronic Government dalam Pelayanan Publik pada Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Belawan
View/
Date
2011Author
Simatupang, Hilda Erwina
Advisor(s)
Revida, Erika
Metadata
Show full item recordAbstract
Peranan teknologi informasi dalam menunjang sistem operasional dan
manajerial pada instansi pemerintahan dewasa ini dirasakan sangat penting.
Karena pada dasarnya mayoritas bentuk pelayanan pemerintah kepada masyarakat
adalah hal-hal yang berkaitan dengan pengumpulan, pengolahan, dan penyediaan
berbagai data informasi, pengetahuan, maupun kebijakan dan penyebarannya
kepada masyarakat. Pemanfaatan teknologi informasi dan teknologi tersebut
dikenal dengan istilah Electronic Government. Dalam upaya meningkatkan
pelayanan publik Electronic Government perlu diterapakan pada setiap instansi
pemerintah termasuk Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe
Madya Pabean Belawan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis
penerapan Electronic Government dalam pelayanan publik di Kantor Pengawasan
dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Belawan.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif
dengan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang diarahkan untuk memberikan
gejala-gejala, fakta-fakta, atau kejadian-kejadian secara sistematis dan akurat
mengenai sifat-sifat populasi serta menganalisis kebenarannya berdasarkan data
yang diperoleh. Informan kunci dalam penelitian ini adalah Kepala Seksi
Distribusi Data dan Dokumen, petugas Analiizng Point Impor, dan petugas
Analizing Point Ekspor. Sedangkan yang menjadi informan utama adalah para
pengusaha yang terdaftar pada Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai
Tipe Madya Pabean Belawan.
Hasil dari penelitian ini adalah bahwa penerapan Electronic Government
dalam pelayanan publik pada Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai
Tipe Madya Pabean Belawan sudah berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat
dari aspek sumber daya manusia dan fasilitas yang sudah memadai guna
mendukung penerapan e-Government dalam pelayanan kepabeanan dan cukai.
Penerapan e-Government memberikan pelayanan yang efisien, efektif, ekonomis
dan transparan. Namun masih terdapat kekurangan terutama dalam hal sosialisasi
dan pelatihan baik kepada para pengusaha maupun para pegawai. Oleh sebab itu,
perlu adanya pelatihan kepada para pegawai guna meningkatkan kualitas
pelayanan dan sosialisasi kepada para pengusaha untuk dapat berpartisipasi lagi
dalam menggunakan pelayanan dengan sistem online.
Collections
- Undergraduate Theses [1936]
