Kinerja Pegawai Negeri Sipil (Studi pada Unit Pelaksana Teknis Dinas Pendapatan Provinsi Sumatera Utara di Pematangsiantar)
View/
Date
2011Author
Silalahi, Christin
Advisor(s)
Revida, Erika
Metadata
Show full item recordAbstract
Pegawai Negeri Sipil, yang biasa disingkat dengan PNS, merupakan abdi
negara yang bertanggung jawab atas pelayanan publik yang ada di Indonesia
dalam rangka perwujudan kesejahteraan masyarakat. Kinerja PNS adalah hal
utama yang senantiasa disoroti oleh masyarakat. PNS seharusnya dituntut untuk
melaksanakan kerja yang baik sehingga menghasilkan kinerja yang maksimal
pula. Tetapi banyak realita yang muncul di tengah-tengah masyarakat bahwa PNS
tidak mampu menjalankan tugasnya dengan baik. PNS yang seharusnya
memberikan pelayanan kepada publik seolah-olah tak mampu menjalankan
tugasnya dengan baik. Untuk itulah, maka pemerintah melakukan berbagai upaya
agar PNS mampu meningkatkan kembali produktivitasnya.
Dengan latar belakang tersebut, maka penulis tertarik untuk mengadakan
penelitian dengan judul: “Kinerja Pegawai Negeri Sipil di Unit Pelaksana
Teknis Dinas Pendapatan Sumatera Utara di Pematangsiantar”. Adapun
perumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakan Kinerja Pegawai
Negeri Sipil di Unit Pelaksana Teknis Dinas Pendapatan Sumatera Utara di
Pematangsiantar”.
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat dan menganalisis kinerja PNS
khususnya dalam menyelenggarakan pelayanan publik di Unit Pelaksana Teknis
Dinas Pendapatan Provinsi Sumatera Utara di Pematangsiantar serta untuk melihat
fenomena seperti apa yang terjadi fenomena apa yang sebenarnya yang sedang
terjadi di tengah-tengah PNS.
Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode penelitian
deskriptif kualitatif.
Kesimpulan yang diperoleh bahwa PNS yang berada di Unit Pelaksana
Teknis Dinas Pendapatan Provinsi Sumatera Utara di Pematangsiantar telah
melakukan kerjanya dengan baik sehingga menghasilkan kinerja yang maksimal
pula. Mayoritas masyarakat yang pernah mempergunakan layanan jasa di Unit
Pelaksana Teknis Dinas Pendapatan Provinsi Sumatera Utara di Pematangsiantar
mengaku telah mendapatkan pelayanan yang memuaskan. Responsivitas,
responbilitas, akuntabilitas, kualitas layanan, ketepatan waktu dalam melakukan
pekerjaan, kebenaran hasil pekerjaan, dan produktivitas PNS dinilai telah
maksimal dilakukan PNS dalam melakukan tugasnya.
Dalam rangka meningkatkan pelayanan publik yang dilakukan oleh Unit
Pelaksana Teknis Dinas Pendapatan Provinsi Sumatera Utara di Pematangsiantar,
maka PNS harus lebih berinovasi lagi agar mampu meningkatkan tingkat
kemaksimalan kinerja PNS. Dengan demikian ketika kinerja PNS telah mencapai
hasil yang maksimal maka kesejateraan masyarakat pun akan terwujud.
Collections
- Undergraduate Theses [1936]
