• Login
    View Item 
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Public Administration
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Public Administration
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Pemungutan Pajak Reklame terhadap Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) (Studi pada Dinas Pendapatan Kabupaten Nias)

    View/Open
    Fulltext (242.5Kb)
    Date
    2011
    Author
    Mendrofa, Apeles Agust Saputra
    Advisor(s)
    Ketaren, Nurlela
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Adapun masalah pada penelitian ini adalah “Seberapa besar pengaruh pemungutan Pajak Reklame terhadap peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kabupaten Nias”. Dengan tujuan untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh pemungutan Pajak Reklame terhadap peningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kab. Nias. Manfaat dari penelitian ini adalah sebagai bahan pertimbangan bagi Dinas Pendapatan Kab. Nias dalam rangka peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui pemungutan Pajak Reklame dan penelitian awal yang dapat dimanfaatkan bagi penelitian di masa mendatang. Adapun jumlah sampel yaitu ada 42 orang yang terdiri dari 37 orang dari pegawai Dinas Pendapatan Kabupaten Nias dan 5 orang dari masyarakat pengguna reklame. Metode analisa dan data statistik yang digunakan yaitu analisa korelasi product moment (r) untuk menentukan pengaruh antara variabel X terhadap Y. Adapun hasil kuesioner dari jawaban responden diantaranya yaitu untuk Variabel Pemungutan Pajak Reklame (X) adalah mayoritas responden menyatakan sangat paham (59,5%), sangat mengerti terhadap manfaatnya (57,1%), sangat mengerti terhadap manfaatnya bagi Kab. Nias (66,6%), terhadap pemungutan Pajak Reklame oleh Dinas Pendapatan Kab. Nias. Dan mayoritas responden menyatakan sangat setuju terhadap pemungutan Pajak Reklame (52,4%), sangat mengetahui terhadap tata cara pendaftaran dan pembayarannya (47,6%), mengetahui tentang cara penetapan targetnya (42,9%), namun, kurang setuju terhadap penetapan target tersebut (50%), menyatakan tidak terpenuhi targetnya (73,8%). Lalu setuju mengenai target pajak reklame tersebut dapat meningkatkan PAD (42,9%), sangat mengerti (59,5%), sangat paham (45,2%) dan setuju (57,1%) terhadap pemungutan pajak reklame berdasarkan nilai sewa reklame. Dan menyatakan sangat mengerti (59,5%) dan sangat setuju (40,5%) terhadap pemungutan pajak reklame berdasarkan penggolongan nilai sewa reklame. Kemudian mengerti (45,2%), setuju (40,5%) dan sangat paham (64,3%) terhadap pemungutan pajak reklame berdasarkan Lokasi Penempatan Reklame selain itu menyatakan baik terhadap penetapan prosedur penentuan tarif dasar reklame. Dan untuk Variabel Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) (Y) adalah mengetahui jumlah pemohon pajak reklame pertahun (71,5%) dan mengetahui bahwa jumlah pemohon izin reklame pertahun mengalami peningkatan (66,7%). Selain itu mengetahui jumlah penerimaan reklame (38,1) dan meningkat (61,9%) dan menyatakan sangat berpengaruh terhadap PAD (57,2%) kemudian mengetahui sumber-sumber PAD (50%) dan mengetahui jumlah PAD pertahun (61,9%), mengetahui pajak reklame sebagai sumber PAD (61,9), dan pajak reklame sangat dapat meningkatkan PAD (47,6%), dan mengetahui jumlah PAD pertahun (52,9%). Lalu, hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara Pemungutan Pajak Reklame (X) dengan Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (Y). Dilihat dari nilai rxy sebesar 0,57 yang bernilai positif dan signifikan setelah dilakukan uji t dan pengaruhnya sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Pemungutan pajak reklame di Kabupaten Nias dapat meningkatkaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar 32%. Dan hal ini dapat dilihat dari teori Masyhuri yang menyatakan bahwa dalam membiayai pembangunan salah satu upaya pemerintah daerah adalah menyerap dari sektor pajak dan retribusi, meskipun tidak kalah pentingnya pemasukan dari berbagai sektor pendapatan yang lain. Upaya peningkatan Pendapatan Asli Daerah dapat dilakukan dengan cara peningkatan terhadap sumber daya yang sudah ada, dalam hal ini adalah pajak daerah, yang salah satunya adalah Pajak Reklame.
    URI
    https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/59862
    Collections
    • Undergraduate Theses [1936]

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV