Show simple item record

dc.contributor.advisorThamrin, Muhammad Husni
dc.contributor.authorNaution, M Ilham Maulana
dc.date.accessioned2022-11-15T03:58:11Z
dc.date.available2022-11-15T03:58:11Z
dc.date.issued2011
dc.identifier.urihttps://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/59875
dc.description.abstractKinerja birokrasi yang paling banyak mendapat sorotan dari masyarakat adalah rendahnya kualitas pelayanan umum. Fenomena yang terjadi adalah banyaknya masalah yang dihadapi masyarakat bila berurusan dengan birokrat dalam urusan yang menyangkut dengan kependudukan seperti KTP. Padahal KTP mempunyai peranan penting dalam kehidupan masyarakat. Aparatur pemerintah seharusnya melaksanakan pelayanan sebaik dan semudah mungkin kepada masyarakat. Kendala yang sering muncul adalah keterlambatan karena pemadaman listrik bergilir di Kota Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan aparatur pemerintah dalam pelayanan KTP dan untuk mengetahui peranan KTP dalam urusan publik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Pegawai Kantor Kecamatan Medan Marelan dan Masyarakat Kecamatan Medan Marelan. Penetapan jumlah sampel penelitian untuk aparatur pemerintah menggunakan teknik Purposive Sampling, yang berjumlah 4 orang. Sedangkan jumlah sampel untuk masyarakat menggunakan teknik Accidental Sampling, yang berjumlah 10 orang. Metode pengumpulan data untuk sampel masyarakat menggunakan kuesioner. Pertanyaan yang disusun dalam kuesioner tersebut berdasarkan tujuan penelitian ini., yakni mengenai fasilitas, mutu, ketepatan waktu, efisiensi biaya dan kesamaan dalam memberikan pelayanan KTP. Sedangkan untuk aparatur pemerintah menggunakan teknik wawancara, yaitu mengadakan dialog dengan responden agar peneliti bisa mendapatkan jawaban yang lengkap dan jelas. Hasil analisa data dari penelitian ini menunjukkan bahwa aparatur pemerintah kurang bisa memenuhi janji penyelesaian KTP tepat waktu. Kemampuan aparatur dapat dikatakan cukup baik. Sistem pengawasan di Kecamatan Medan Marelan dapat dikatakan sudah cukup baik. Dan sistem koordinasi juga sudah berjalan dengan baik. KTP mempunyai peranan penting dalam kehidupan masyarakat. KTP berfungsi sebagai identitas diri, untuk pengurusan identitas lain, untuk persyaratan kepegawaian, dan untuk pengurusan izin. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa Aparatur Pemerintah Kecamatan Medan Marelan secara umum dapat dikatakan sudah berjalan baik. Pengurusan KTP tidak dikenakan biaya. Kendala dalam pengurusan KTP adalah adanya pemadaman listrik bergilir, yang menyebabkan keterlambatan dalam pengurusan KTP.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectAparatur Pemerintahen_US
dc.subjectPelayanan Publiken_US
dc.subjectKartu Tanda Penduduken_US
dc.titlePeranan Aparatur Pemerintah Kota Medan dalam Pelayanan Pengurusan Kartu Tanda Penduduk (KTP) (Studi Kasus di Kantor Kecamatan Medan Marelan)en_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nimNIM070903057
dc.identifier.nidnNIDN0008016402
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI63201#Ilmu Administrasi Publik
dc.description.pages103 Halamanen_US
dc.description.typeSkripsi Sarjanaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record