Pengaruh Kepemimpinan terhadap Pelayanan Publik (Studi pada Unit Pelaksana Teknis Dinas-Pelatihan Pendidikan Teknik Dinas Pendidikan Sumatera Utara)
Abstract
Sumber daya manusia yang berkualitas akan mengoptimalkan pengelolaan usur unsur organisasi yang lain dan menghasilkan capaian tujuan yang
maksimal.Supaya dapat meningkatkan motivasi kinerja serta pembentukan pola
prilaku sikap manusia, selain meningkatkan ketrampilan dan pengetahuannya,
juga sangat penting sekali seorang pemimpin dalam memimpin, mengarahkan dan
mengawasi bawahannya menerapkan Pola Kepemimpinan sesuai dengan situasi
dan kondisi yang berada di lingkungan. Terutama dalam instansi pemerintahan,
dimana para aparat sangat dituntut untuk mampu memberikan pelayanan terbaik
bagi masyarakat. Salah satu instansi pemerintahan yang menyediakan pelayanan
bagi masyarakat adalah Unit Pelaksana Teknis Dinas-Pelatihan Pendidikan
Tehnik Dinas Pendidikan Sumatra Utara. Lembaga ini berfungsi memberikan
berbagai pelatihan teknis bagi pihak-pihak yang membutuhkan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh
Kepemimpinan Terhadap Pelayanan Publik di Unit Pelaksana Teknis Dinas Pelatihan Pendidikan Teknik Dinas Pendidikan Sumatera Utara. Metode
peneletian yang digunakanan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan teknik
mencarian data melalui kuesioner, wawancara dan studi pustaka. Adapun jumlah
sample dalam penelitian ini adalah sebanyak 30 orang yang merupakan
keseluruhan dari jumlah pegawai pada Unit Pelaksanan Teknis Dinas Pelatihan
Pendidikan Teknik Dinas Pendidikan Sumatera Utara
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh kepemimpinan
terhadap pelayanan public mempunyai pengaruh yang kuat. Hal ini
merupakan hasil perhitungan dengan menggunakan teknik Korelasi product
Momen yang menghasilkan hitungan 0,77 dan besarnya pengaruh variabel (x)
kepemimpinan terhadap variabel (y) pelayanan publik adalah sebesar 59,29%.
Ini berarti ada sebesar 41,71% factor lain yang mempengaruhi kualitas
pelayan public yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Misalnya kecepatan
pelayanan, biaya yang terjangkau dan sebagainya.
Collections
- Undergraduate Theses [1936]
