Implementasi Prinsip-Prinsip Good Governance dalam Meningkatkan Kinerja Organisasi Pelayanan Publik pada Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Binjai
View/ Open
Date
2011Author
Samosir, Hot Maringan
Advisor(s)
Eriza, Faisal
Metadata
Show full item recordAbstract
ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi prinsipprinsip
good governance dalam meningkatkan kinerja aparatur pelayanan publik pada
Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Binjai.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode deskriptif
yaitu suatu metode yang memusatkan perhatian pada masalah-masalah atas
fenomena-fenomena yang ada pada saat penelitian dilakukan atau masalah yang
bersifat aktual, kemudian menggambarkan fakta-fakta tentang masalah yang
diselidiki diiringi dengan interpretasi rasional yang akurat.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan informan kunci (key informan)
dan informan biasa. Informan kunci adalah informan yang mengetahui secara
mendalam mengenai permasalahan yang sedang diteliti, sedangkan informan biasa
adalah informan yang memberikan informasi yang ditentukan dengan dasar
pertimbangan mengetahui dan berhubungan dengan permasalahan saja. Teknik
pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini melalui dua cara, antara lain
melalui data sekunder yaitu kegiatan penelitian yang dilakukan dengan cara menelaah
sejumlah buku, karya ilmiah, dan dokumen/arsip yang berhubungan dengan masalah
yang diteliti. Sedangkan data primer yaitu data yang langsung diperoleh dari
lapangan, yang diperoleh melalui: (a) Observasi yaitu melakukan pengamatan
langsung terhadap objek penelitian dan (b) Wawancara, yaitu mendapatkan data
dengan cara mewancarai informan kunci dan informan biasa.
Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisa
data kualitatif. Teknik analisa data kualitatif adalah teknik analisa yang didasarkan
atas kemampuan nalar penulis dalam menginterpretasikan fakta, data dan informasi.
Teknik analisa data kualitatif menyajikan data kalitatif yang dikumpulkan melalui
teknik pengumplan data kualitatif seperti keterangan dari informan dan hasil
dokumentasi, sesuai dengan indikator-indikator model implementasi yang digunakan.
Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa implementasi prinsip-prinsip good
governance dalam meningkatkan kinerja organisasi pelayanan publik di Kantor
Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Binjai telah memberikan perubahan dan
peningkatan yang cukp signifikan terutama dalam hal peningkatan kualitas pelayanan
publik dalam hal perizinan kepada masyarakat. Implementasi prinsip-prinsip good
governance seperti legalitas hukum (rule of law), kesederhanaan proses, transparansi
informasi dan kejelasan informasi, serta sumber daya aparatur yang memadai telah
memberikan suatu terobosan bagi khazanah pelayanan publik yang prima bagi
masyarakat.
Collections
- Undergraduate Theses [1936]
