Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Telkomsel Flash terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan di Kalangan Mahasiswa/I Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara
View/ Open
Date
2013Author
Rahma, Ade Fitria
Advisor(s)
Harahap, Burhanuddin
Metadata
Show full item recordAbstract
Pertumbuhan akses internet saat ini sangat pesat. Jasa internet ini
dirasakan sebagai bisnis yang potensial dan menghasilkan margin yang
menguntungkan bagi perusahaan. Telkomsel sebagai salah satu operator
terkemuka di Indonesia, sampai saat ini turut berpartisipasi aktif dalam
pembangunan infrastruktur telekomunikasi untuk mendukung pemerintah dalam
mewujudkan masyarakat telematika. Fokus pelayanan Telkomsel adalah mencapai
hasil melebihi harapan pelangganuntuk mewujudkan kepuasan pelanggan dengan
memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggannya, karena kepuasan pelanggan
sangat ditentukan oleh kualitas performa pelayanan dilapangan. Oleh karena itu,
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan jasa
Telkomsel Flash terhadap kepuasan pelanggan.
Kualitas Pelayanan (Variabel X) adalah merupakan kualitas pelayanan
adalah tingkat keunggulan yang diharapkan dan pengendalian atas tingkat
keunggulan tersebut, untuk memenuhi keinginan pelanggan. Kepuasan
pelanggan(Variabel Y) adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang
muncul setelah membandingkan antar persepsi dan kesannya terhadap kinerja atau
hasil dari suatu pelayanan dan harapannya. Hipotesis yang diajukan dalam
penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang positif antara kualitas pelayanan jasa
telkomsel flash terhadap kepuasan pelanggan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian analisa kuantitatif.
Sedangkan teknik analisa data yang digunakan yaitu metode analisis regresi linear
sederhana dengan bantuan SPSS 19.0 untuk membuktikan adanya pengaruh dari
kualitas pelayanan jasa Telkomsel Flash terhadap kepuasan pelanggan.
Berdasarkan hasil uji signifikansi parsial maka diperoleh variabel kualitas
pelayanan jasa telkomsel flash berpengaruh positif dan signifikan terhadap
variabel kepuasan pelanggan dikalangan mahasiswa/i FISIP USU. Berdasarkan
hasil pengujian koefisien determinasi (R2
), maka diperoleh R Square sebesar
0,716 berarti sebesar 71,6% tingkat kepuasan pelanggan dapat dijelaskan oleh
kualitas pelayanan jasa telkomsel flash.
Collections
- Undergraduate Theses [1936]
