• Login
    View Item 
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Public Administration
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Public Administration
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Implementasi Kebijakan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) (Studi pada Kantor SAMSAT UPT Balige)

    View/Open
    Fulltext (2.952Mb)
    Date
    2013
    Author
    Pardede, Cindy M
    Advisor(s)
    Ridwan, Mohammad
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Inplementasi kebijakan merupakan wujud dar tahapan dari suatu kebijakan public yang sudah dirumuskan. Implementasi sistem administrasi manunggal satu atap merupakan terobosan pelayanan di bidang pajak kendaraan bermotor. Kantor SAMSAT Balige merupakan salah satu unit pelaksana teknis di daerah Toba Samosir, oleh sebab itu implementasi sistem administrasi manunggal satu atap dtuntut memberikan pelayanan yang maksimal. Namun sepertinya implementasi pelayanan pajak kendaraan bermotor tidak berjalan dengan lancar. Untuk menjawab permasalahan penelitian digunakan metode penelitian deskriftif dengan pendekatan kualtati. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan kuisioner. Selain itu, pengumpulan data juga dilakukan dengan teknik observasi serta dokumentas. Teknik penentuan informan untuk pegawai kantor SAMSAT Balige secara purposive yang selanjutnya berkembang dengan teknik snowball sedangkan untuk informan atau responden menggunakan teknik accidental. Proses analsis data yang dilakukan dengan mengelompokkan serta mengkombinasikan data yang diperoleh dan juga menetapkan serangkaian hubungan keterkaitan antara data tersebut. Sedangkan validitas data diuji melalui sumber data sehingga data yang disajikan merupakan data absah. Berdasarkan temuan data dilapangan menunjukkan bahwa implementasi pelayanan pajak kendaraan bermotor sudah diterapkan. Hal ini dapat dilihat dari empat poin penting yakni menegenai struktur birokrasi yang sudah jelas dan terarah, sumber daya yang sudah terpenuhi, komunikasi yang baik serta respon pegawai terhadap terobisan pelayanan pajak kendaraan sudah baik. Namun dari segi fasilitas masih kurang, sumber daya manusia yang masih kurang kapasitas serta letak strategis kantor SAMSAT masih kurang.
    URI
    https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/60081
    Collections
    • Undergraduate Theses [1936]

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV