| dc.contributor.author | Simanjuntak, Lydia Theresia | |
| dc.date.accessioned | 2022-11-15T07:34:59Z | |
| dc.date.available | 2022-11-15T07:34:59Z | |
| dc.date.issued | 2010 | |
| dc.identifier.uri | https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/60219 | |
| dc.description.abstract | Penulisan skripsi ini berawal dari semakin banyaknya makanan-makanan impor, seperti
roti dan aneka snack/jajanan lainnya di wilayah Siborongborong. Sehingga hal inilah
yang menimbulkan kekhawatiran bagi para pedagang ombus-ombus. Persaingan global
yang telah mengubah peta persaingan melahirkan suatu strategi yang membuat para
pedagang untuk tetap bertahan di era saat ini. Dengan bertambahnya pesaing-pesaing
baru dalam dunia usaha membuat para pedagang harus berpikir seoptimal mungkin untuk
mencapai tujuan serta mempertahankan keberadaan para pedagang demi
mempertahankan makanan tradisional ombus-ombus agar tetap ada dan menjadi idola
bagi masyarakat Siborongborong.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan
kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan studi
kepustakaan. Adapun yang menjadi unit analisis dan informan dalam penelitian ini adalah
pedagang ombus-ombus dan pembeli. Interpretasi data dilakukan dengan menggunakan
catatan-catatan dari setiap kali turun lapangan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingginya kompetisi di wilayah tersebut membuat
pedagang ombus-ombus lebih meningkatkan pelayanan mereka kepada pembeli serta
dengan semangat dan kerja keras yang mereka miliki. Selain dari hasil berjualan ombusombus,
para pedagang ini juga mempunyai pekerjaan sampingan untuk bisa menambah
penghasilan dan memenuhi kebutuhan keluarga mereka. Pada dasarnya pedagang ini
mempertahankan pekerjaan mereka sebagai pedagang ombus-ombus karena merupakan
pekerjaan turun temurun dalam keluarga mereka, meskipun hasil yang mereka peroleh
dari pekerjaan ini tidak begitu banyak. Adapun strategi yang dilakukan adalah membuat
ombus-ombus tetap hangat dengan meletakkannya dalam sebuah dandang di atas kompor
(bagi yang berjualan di kedai) dan meletakkannya dalam suatu wadah atau keranjang
(bagi yang berjualan dengan sepeda angin). | en_US |
| dc.language.iso | id | en_US |
| dc.publisher | Universitas Sumatera Utara | en_US |
| dc.title | Strategi Bertahan Pedagang Makanan Tradisional (Studi Deskriptif: Pedagang Ombus-Ombus Siborongborong, Kecamatan Siborongborong, Kabupaten Tapanuli Utara) | en_US |
| dc.type | Thesis | en_US |
| dc.identifier.nim | NIM060901025 | |
| dc.identifier.kodeprodi | KODEPRODI69201#Sosiologi | |
| dc.description.pages | 126 Halaman | en_US |
| dc.description.type | Skripsi Sarjana | en_US |