• Login
    View Item 
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Social Anthropology
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Social Anthropology
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Eksistensi Pedagang Sembada (Studi Etnografi Mengenai Strategi Adaptasi Pedagang Tradisional Pasar Sembada terhadap Kehadiran Carrefour dan Agen Pasar di Kota Medan)

    View/Open
    Fulltext (890.8Kb)
    Date
    2016
    Author
    Tua, Firky Maruli
    Advisor(s)
    Berutu, Lister
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan mendeksripsikan mengenai persaingan antara pasar tradisional dan pasar modern dalam lingkup keberadaan agen pasar dalam penyediaan dan pengelolaan pasar sebagai sebentuk strategi di Pasar Sembada Kota Medan. Keberadaan pasar tradisional secara sederhana merupakan sebentuk lingkungan yang menyediakan kebutuhan bagi masyarakat dalam hal kebutuhan pokok maupun skunder, adapun fokus perhatian penelitian ini adalah mengenai strategi yang dilakukan oleh pedagang pasar tradisional terhadap keberadaan pasar modern yang menggerus keberadaan pasar tradisonal Sembada. Proses penelitian yang dilakukan menggunakan metode etnografi, yang bertujuan menggambarkan secara utuh dan menyeluruh mengenai strategi pedagang pasar tradisional dalam menghadapi persaingan dengan pasar modern dan juga keberadaan agen pasar yang berkaitan dengan penyediaan dan pengelolaan pasar tradisional. Dalam proses pengumpulan data lapangan berupa wawancara dan kegiatan observasi, peneliti menemui beberapa informan yang mengetahui seluk-beluk pasar tradisional Sembada dan pasar modern Carrefour serta agen pasar yang menghubungkan diantaranya. Penelitian ini mendapatkan keterangan bahwa persaingan antara pasar tradisional dan pasar modern telah menjadi suatu kompleksitas persaingan masa kini yang menghadirkan peran agen pasar dalam menentukan pengelolaan pasar, strategi adaptasi yang dilakukan oleh pedagang pasar tradisional menjadi perhatian yang mendukung keberlangsungan dan keberadaan pasar tradisional Sembada Kota Medan. Kesimpulan dari penelitian ini sampai pada bentuk strategi adaptasi yang dilakukan oleh pedagang pasar tradisional sebagai bentuk proses bertahan dari keberadaan pasar modern yang menyediakan kemudahan dan pelayanan yang diberikan kepada konsumen, strategi adaptasi yang dilakukan pedagang tradisional meliputi; memperpanjang waktu usaha, ketersediaan bahan dagangan, variasi dagangan hingga pada kondisi barangan dagangan
    URI
    https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/60247
    Collections
    • Undergraduate Theses [939]

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV