Show simple item record

dc.contributor.advisorBerutu, Lister
dc.contributor.authorTua, Firky Maruli
dc.date.accessioned2022-11-15T07:45:33Z
dc.date.available2022-11-15T07:45:33Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttps://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/60247
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan mendeksripsikan mengenai persaingan antara pasar tradisional dan pasar modern dalam lingkup keberadaan agen pasar dalam penyediaan dan pengelolaan pasar sebagai sebentuk strategi di Pasar Sembada Kota Medan. Keberadaan pasar tradisional secara sederhana merupakan sebentuk lingkungan yang menyediakan kebutuhan bagi masyarakat dalam hal kebutuhan pokok maupun skunder, adapun fokus perhatian penelitian ini adalah mengenai strategi yang dilakukan oleh pedagang pasar tradisional terhadap keberadaan pasar modern yang menggerus keberadaan pasar tradisonal Sembada. Proses penelitian yang dilakukan menggunakan metode etnografi, yang bertujuan menggambarkan secara utuh dan menyeluruh mengenai strategi pedagang pasar tradisional dalam menghadapi persaingan dengan pasar modern dan juga keberadaan agen pasar yang berkaitan dengan penyediaan dan pengelolaan pasar tradisional. Dalam proses pengumpulan data lapangan berupa wawancara dan kegiatan observasi, peneliti menemui beberapa informan yang mengetahui seluk-beluk pasar tradisional Sembada dan pasar modern Carrefour serta agen pasar yang menghubungkan diantaranya. Penelitian ini mendapatkan keterangan bahwa persaingan antara pasar tradisional dan pasar modern telah menjadi suatu kompleksitas persaingan masa kini yang menghadirkan peran agen pasar dalam menentukan pengelolaan pasar, strategi adaptasi yang dilakukan oleh pedagang pasar tradisional menjadi perhatian yang mendukung keberlangsungan dan keberadaan pasar tradisional Sembada Kota Medan. Kesimpulan dari penelitian ini sampai pada bentuk strategi adaptasi yang dilakukan oleh pedagang pasar tradisional sebagai bentuk proses bertahan dari keberadaan pasar modern yang menyediakan kemudahan dan pelayanan yang diberikan kepada konsumen, strategi adaptasi yang dilakukan pedagang tradisional meliputi; memperpanjang waktu usaha, ketersediaan bahan dagangan, variasi dagangan hingga pada kondisi barangan daganganen_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectPasar Tradisionalen_US
dc.subjectPasar Modernen_US
dc.subjectStrategi Adaptasien_US
dc.subjectAgenen_US
dc.titleEksistensi Pedagang Sembada (Studi Etnografi Mengenai Strategi Adaptasi Pedagang Tradisional Pasar Sembada terhadap Kehadiran Carrefour dan Agen Pasar di Kota Medan)en_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nimNIM090905017
dc.identifier.nidnNIDN0017076006
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI82201#Antropologi Sosial
dc.description.pages116 Halamanen_US
dc.description.typeSkripsi Sarjanaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record