• Login
    View Item 
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Sociology
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Sociology
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pemanfaatan Modal Sosial dalam Upaya Peningkatan Penghasilan Pengusaha Online (Studi Deskriptif pada Pengusaha Toko Online di Instagram yang Berdomisili di Kota Medan)

    View/Open
    Fulltext (3.250Mb)
    Date
    2014
    Author
    Dina, Ratih
    Advisor(s)
    Badaruddin
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini menyajikan tentang : Pemanfaatan Modal Sosial dalam Upaya Peningkatan Penghasilan Pengusaha Online (Studi Deskriptif pada pengusaha online di Instagram yang berdomisili di Kota Medan). Penelitian ini membahas bagaimana modal sosial yang ada di dalam usaha online dapat meningkatkan penghasilan pengusaha online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah elemen-elemen modal sosial seperti jaringan, trust dan nilai atau norma yang ada pada pada usaha online dapat menaikkan omset dan pendapatan dari toko online yang mengakibatkan meningkatnya penghasilan pengusaha online. untuk mencapai tujuan tersebut tulisan ini menggunakan teori modal sosial yang dikemukakan oleh sosiolog Coleman, Fukuyama, Putnam, Hasbullah dan Lawang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi partisipasi dan dokumentasi. Hasil deskripsi dan interpretasi data berupa penggambaran atau penuturan dalam bentuk kalimat menjelaskan bahwa elemen modal sosial seperti jaringan, trust, nilai dan norma dapat mendukung meningkatnya penjualan pada toko online yang berakibat meningkatnya penghasilan pengusaha online. Jaringan yang dibangun pada toko online dapat meningkatkan penjualan, trust atau kepercayaan yang dijalin di antara penjual dan pembeli dapat meningkatkan rasa kepercayaan dan kepuasan dari pembeli serta nilai dan norma yang menjadi batasan dan aturan dalam toko online membuat toko online tetap berada pada jalur dan pembeli dapat mentaati segala aturan yang ada. Para pengusaha online yakin apabila elemen modal sosial yang ada dikembangkan dan dijaga dengan baik akan dapat membuat toko online mereka berkembang dengan pesat.
    URI
    https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/60254
    Collections
    • Undergraduate Theses [1028]

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV