| dc.description.abstract | Penelitian ini menyajikan tentang : Pemanfaatan Modal Sosial dalam Upaya
Peningkatan Penghasilan Pengusaha Online (Studi Deskriptif pada pengusaha online
di Instagram yang berdomisili di Kota Medan). Penelitian ini membahas bagaimana
modal sosial yang ada di dalam usaha online dapat meningkatkan penghasilan
pengusaha online.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah elemen-elemen modal sosial
seperti jaringan, trust dan nilai atau norma yang ada pada pada usaha online dapat
menaikkan omset dan pendapatan dari toko online yang mengakibatkan
meningkatnya penghasilan pengusaha online. untuk mencapai tujuan tersebut tulisan
ini menggunakan teori modal sosial yang dikemukakan oleh sosiolog Coleman,
Fukuyama, Putnam, Hasbullah dan Lawang. Penelitian ini menggunakan metode
kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data
yang dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi partisipasi dan dokumentasi.
Hasil deskripsi dan interpretasi data berupa penggambaran atau penuturan
dalam bentuk kalimat menjelaskan bahwa elemen modal sosial seperti jaringan, trust,
nilai dan norma dapat mendukung meningkatnya penjualan pada toko online yang
berakibat meningkatnya penghasilan pengusaha online. Jaringan yang dibangun pada
toko online dapat meningkatkan penjualan, trust atau kepercayaan yang dijalin di
antara penjual dan pembeli dapat meningkatkan rasa kepercayaan dan kepuasan dari
pembeli serta nilai dan norma yang menjadi batasan dan aturan dalam toko online
membuat toko online tetap berada pada jalur dan pembeli dapat mentaati segala
aturan yang ada. Para pengusaha online yakin apabila elemen modal sosial yang ada
dikembangkan dan dijaga dengan baik akan dapat membuat toko online mereka
berkembang dengan pesat. | en_US |