Hubungan Akuntabilitas dan Transparansi dengan Efektifitas pada Pelayanan Publik (Studi pada Pembuatan Kartu Tanda Penduduk di Kelurahan Padang Bulan Kecamatan Medan Baru)
Abstract
Pemerintahan yang baik (good governance) merupakan isu sentral yang paling
mengemuka dalam pengelolaan administrasi publik dewasa ini. Undang-Undang dasar 1945
telah mengamanatkan bahwa negara wajib melayani setiap warga negara dan penduduk untuk
memenuhi kebutuhan dasarnya dalam rangka pelayanan umum dan meningkatkan kesejahteraan
masyarakat. Ditinjau dari kebutuhan masyarakat pelayanan publik sangatlah penting baik dalam
bentuk barang publik maupun jasa publik. Semakin tinggi kualitas pelayanan yang diberikan
kepada masyarakat maka kehidupan masyarakat akan semakin baik artinya tidak ada masalah
yang menghambat dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari.
Bentuk penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan analisa
data kuantitatif. Metode deskriptif mencari pengaruh antara variabel independen dan variabel
dependen, memusatkan perhatian pada masalah-masalah atau fenomena yang ada pada saat
penelitian dilakukan atau masalah yang bersifat aktual, kemudian menggambarkan fakta-fakta
tentang masalah yang diselidiki dan diiringi dengan interpretasi yang akurat. Dalam penelitian ini diketahui bahwa hubungan akuntabilitas dan transparansi dengan
efektifitas pada pelayanan publik berada pada tingkat sangat tinggi , maksudnya akuntabilitas
dan transparansi pada pelayanan cukup mempengaruhi efektifitas pada pelayanan publik
khususnya pada pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) di kelurahan padang bulan kecamatan
medan baru.
Collections
- Undergraduate Theses [1936]
