dc.description.abstract | Di era globalisasi sekarang ini, bertambahnya jumlah penduduk
berdampak pada meningkatnya kebutuhan masyarakat akan kebutuhan primer dan
sekunder. Kebutuhan ini akan didapatkan oleh masyarakat di dalam pasar, yang
disini pengertian secara umum pasar itu adalah pusat jual beli atau pusat
pertemuan antara pembeli dan penjual. Disinilah fungsi utama pasar yaitu tempat
berkomunikasinya antara sesama masyarakat yang memiliki tujuan yang sama
yaitu untuk melengkapi kebutuhan tersier mereka. Pasar yang dimaksud dalam
skripsi ini adalah pasar yang masyarakatnya menginginkan sesuatu barang
ataupun kebutuhan yang instan, dimana maksud dari pasar disini adalah pasar
yang menyediakan makanan ataupun minuman yang secara umum diperoleh
melalui pasar modern yaitu minimarket multifungsi Kong Kali Kong.
Penulis merasa tertarik mengambil judul ini dikarenakan penulis ingin
melihat bagaimana perkembangan strategi yang digunakan untuk mendatangkan
pembeli ataupun konsumen di dalam sistem pemasaran minimarket multifungsi
ini. Penulis juga ingin melihat bagaimana minimarket yang diinginkan masyarakat
sekarang di dalam memenuhi kebutuhan masyarakat tersebut. Antropologi adalah
ilmu yang mempelajari manusia dan budaya, dimana di dalam skripsi saya ini
yang menjadi objek penelitian saya adalah manusia yang memiliki rasa ingin tahu
yang tidak akan pernah puas terhadap suatu hal. Rasa keingintahuan yang
dimaksud di dalam skripsi saya ini adalah rasa ingin tahu bagaimana atau apa
yang tersedia di dalam minimarket tersebut.
Di dalam skripsi ini penulis menggunakan metode kualitatif yang bersifat
etnografi, dimana metode ini digunakan untuk menggambarkan bagaimana
strategi pemasaran dan apa pendapat masyarakat terhadap minimarket ini. Juga
menggunakan metode etnografi yang dimana peneliti akan menceritakan
mengenai hasil penelitian melalui tulisan, dan juga disini peneliti akan meneliti
secara mendalam (depth interview).
Strategi pemasaran yang dimaksud di dalam penelitian saya ini merupakan
inovasi oleh minimarket multifungsi kongkalikong dan inovasi ini merupakan
suatu produk budaya yang dihasilkan dari pemikiran dan ide seorang manusia.
Kesimpulan dalam skripsi ini adalah minimarket multifungsi kongkalikong
menciptakan inovasi yang baru yang dapat menciptakan strategi pemasaran yang
menguntungkan bagi pihak minimarket, inovasi baru itu lah yang menjadikan
sistem ataupun strategi pemasaran minimarket ini berjalan dengan lancar. | en_US |