• Login
    View Item 
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Business Administration
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Business Administration
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Penetapan Harga Jual Dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Pada Showroom Rizky Mobil)

    View/Open
    Fulltext (449.0Kb)
    Date
    2013
    Author
    Hsb, M. Fahlevi Azhar
    Advisor(s)
    Nasution, Beti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Bisnis merupakan suatu kegiatan atau aktivitas yang dikerjakan oleh perusahaan untuk mencari keuntungan atau nilai tambah. Mengingat persaingan yang sangat ketat, setiap perusahaan harus memiliki strategi untuk dapat bertahan hidup. Salah satu strategi yang perlu dilakukan adalah strategi pemasaran, khususnya strategi penetapan harga.Penetapan harga yang tepat tentunya akan berdampak langsung pada perkembangan perusahaan, perkembangan tersebut dapat dilihat langsung dari tingkat penjualan yang diperoleh perusahaan. Adapun penelitian ini dilakukan di salah satu Showroom, Rizky Mobil yang terletak di jalan Nibung Raya No.341 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara dan strategi penetapan harga pada Gaboh Burger dalam meningkatkan penjualannya. Harga merupakan sejumlah uang yang dikeluarkan untuk memperoleh produk yang kita inginkan. Penetapan harga merupakan suatu proses yang dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk menetapkan harga terhadap produk yang mereka pasarkan dengan tujuan untuk memperoleh pendapatan dari penjualan yang dilakukan. Cara penetapan harga adalah langkah atau cara yang diterapkan dalam menetapkan harga produk. Cara menetapkan harga harus didukung oleh strategi yang tepat. Strategi adalah cara untuk mencapai tujuan jangka panjang. Strategi penetapan harga merupakan strategi yang diterapkan oleh perusahaan untuk menetapkan harga terhadap produk yang mereka jual guna memperoleh pendapatan sehingga pada akhirnya akan memberikan keuntungan sesuai dengan target yang ingin dicapai oleh perusahaan. Penerapan strategi penetapan harga yang baik akan berdampak langsung terhadap keberhasilan perusahaan dalam menjalankan usahanya. Keberhasilan tersebut dapat dilihat melalui tingkat penjualan yang berhasil dicapai oleh perusahaan dalam periode tertentu. Pada penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan penelitian kualitatif. Informan dalam penelitian ini dibagi menjadi tiga bagian yaitu informan utama yaitu owner Showroom Rizky Mobil, informan kunci yaitu bagian sales Showroom Rizky Mobil dan informan tambahan yaitu pengunjung pada Showroom Rizky Mobil. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ada dua macam yaitu pertama teknik pengumpulan data primer yaitu dengan melakukan wawancara dan melakukan observasi pada Showroom Rizky Mobil Medan Medan, sedangkan yang kedua adalah teknik pengumpulan data sekunder yaitu dengan pengumpulan kepustakaan dan dokumentasi. teknik analisis data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif. Analisis data kualitatif dilakukan dengan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.. Berdasarkan hasil penelitian, cara yang dilakukan Showroom Rizky Mobil dalam menetapkan harga adalah berbasis kepada Biaya, Laba, Permintaan, Dan Persaingan dengan memperhitungkan apa yang menjadi tujuan dari penetapan dan faktor pembentukan harga. Dan menciptakan harga serendah mungkin atau setidaknya sama dengan kompetitor. Strategi ini diterapkan untuk meningkatkan penjualan pada Showroom Rizky Mobil Namun, penetapan harga saja tidak cukup untuk meningkatkan penjualan perusahaan, diperlukan strategi pemasaran lain seperti strategi produk, strategi promosi yang baik untuk meningkatkan daya saing guna meningkatkan penjualannya.
    URI
    https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/60309
    Collections
    • Undergraduate Theses [1432]

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV