• Login
    View Item 
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Public Administration
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Public Administration
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Pada Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Labuhanbatu Selatan

    View/Open
    Fulltext (3.670Mb)
    Date
    2017
    Author
    Hasibuan, Sofia Ranti
    Advisor(s)
    Sihombing, Tunggul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menganalisis keterakitan penerapan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Teori yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah teori Kualitas Pelayanan Publik Zeithaml yang memiliki 5 Dimensi yaitu Tangibel, Reliability, Responsiviness, Assurance dan Emphaty. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang mengemukakan permasalahan sebagaimana yang terjadi dilapangan dengan pemberian analisis terhadap penerapan SIAK dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan publik pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Hasil hasil penelitian di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Labuhanbatu Selatan dapat diperoleh bahwa pelayanan yang diberikan dengan adanya Sistem Informasi Administrasi Kependudukan dapat dikatakan baik karena mekanisme pelaksanaan pelayanannya sudah jelas dan adanya sarana dan prasarana yang mendukung proses pelaksanaan pelayanan guna meningkatkan kualitas pelayanan kependudukan. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Labuhanbatu Selatan juga sudah menerapkan dimensi Tangibel, Reliability, Responsiviness, Assurance, dan Emphaty beserta indikatornya.Namun ada beberapa indikator yang belum berjalan sesuai dengan keinginan masyarakat antara lain ketidaknyamanan tempat pelayanan, kedisiplinan pegawai yang masih kurang, serta masih terjadi tindak dikriminatif yang dilakukan oleh pegawai Dinas Kependdudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Labuhanbatu Selatan.
    URI
    https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/60310
    Collections
    • Undergraduate Theses [1935]

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV