• Login
    View Item 
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Business Administration
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Business Administration
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Dalam Mengembangkan Usaha (Studi Kasus Pada Usaha Kerajinan Rotan Swaka Karya)

    View/Open
    Fulltext (971.5Kb)
    Date
    2014
    Author
    S., Hery Christian
    Advisor(s)
    Sutandra, Lagut
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini berjudul “Strategi Pemasaran Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Dalam Mengembangkan Usahanya (Studi Kasus Pada Usaha Kerajinan Rotan Swaka Karya)”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang tepat melalui Analisis SWOT sebagai alat analisi yang digunakan pada Usaha Kerajinan Rotan Swaka Karya. Analisis SWOT merupakan alat yang digunakan untuk mengetahui faktor internal perusahaan (Strenght, Weakness) dan faktor eksternal perusahaan (Opportunity, Threat) sehingga dapat menentukan strategi pemasaran yang akan kemudia diterapkan oleh Usaha Kerajinan Rotan Swaka Karya. Adapun jenis penelitian dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif-kuantitatif (Mixing Method). Data penelitian yang digunakan pada penelitian adalah data primer kemudian data tersebut dianalisis dengan bantuan Matriks SWOT sehingga dihasilkan strategi yang akan direkomendasikan kepada Usaha Kerajinan Rotan Swaka Karya. Selanjutnya data primer tersebut diolah denga pendekatan kuantitatif dengan menggunakan matriks IFAS (Internal Analysis Factor Summary) dan matriks EFAS (Eksternal Analysis Factor Summary) dengan tujuan untuk mengetahui posisi perusahaan pada Diagram Analisis SWOT sehingga dapat ditentukan strategi pemasaran yang tepat untuk diterapkan oleh Usaha Kerajinan Rotan Swaka Karya dalam mengembangkan usahanya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Usaha Kerajinan Rotan Swaka Karya berada pada Kuadran I dalam Matriks Analisis SWOT. Adapun strategi yang tepat untuk Usaha Kerajinan Rotan Swaka Karya adalah strategi Progresif dengan tujuan untuk mengembangkan usahanya agar dapat lebih maju dari sebelumnya dan dapat mencapai tujuan usaha yang sudah direncanakan.
    URI
    https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/60385
    Collections
    • Undergraduate Theses [1432]

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV