Show simple item record

dc.contributor.advisorRidwan, Mohammad
dc.contributor.authorSandhya, Hanindhita
dc.date.accessioned2022-11-16T01:59:40Z
dc.date.available2022-11-16T01:59:40Z
dc.date.issued2015
dc.identifier.urihttps://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/60481
dc.description.abstractMeningkatnya kebutuhan akan pengolahan informasi yang efisien, efektif dan akuntabel, dibutuhkan sarana berupa sistem informasi. Sistem Informasi dapat dimanfaatkan juga untuk membantu dalam memperlancar dan mempermudah pembentukan kebijakan dalam meningkatkan sistem pelayanan kesehatan khususnya dalam bidang penyelenggaraan Rumah Sakit di Indonesia. Atas dasar inilah Kementerian Kesehatan mengeluarkan kebijakan mengenai kewajiban penyelenggaraan SIM RS disetiap Rumah Sakit melalui Permenkes No.82 Tahun 2013 tentang Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaiamana pelaksanaan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIM RS) di Rumah Sakit Tingkat II Putri Hijau Kesdam I/BB Medan dalam pemenuhan pelayanan kesehatan terutama pada instalasi rawat inap, agar ditemukan sejauh mana dan hambatan apa saja yang ada pada pelaksanaan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIM RS) tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan eksplanatif, yakni bertujuan untuk menjelaskan dua atau lebih variabel. Variabel tersebut yakni 4 variabel implementasi kebijakan George C. Edward III, yakni komunikasi, sumberdaya, disposisi, dan struktur birokrasi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan penyebaran kuesioner kepada 30 orang pasien yang sedang menjalani rawat inap. Implementasi SIM RS di seluruh rumah sakit di Indonesia, berkendala pada sumberdaya baik itu manusia maupun fasilitas. Namun, Rumah Sakit Tingkat II Putri Hijau Kesdam I/BB Medan selangkah lebih maju, pihak rumah sakit telah mengadakan pelatihan dan pendidikan terhadap penggunaan sistem sebelum sistem tersebut dipasang. Mengingat Rumah Sakit Tingkat II Putri Hijau Kesdam I/BB merupakan rumah sakit pemerintah yang berada dibawah pengelolaan TNI AD, nilai-nilai kedisplinan yang dijunjung dalam TNI-AD tercermin dari pelayanan kesehatan yang diberikan, begitu juga dalam pemilihan vendor aplikasi SIM RS, pihak rumah sakit memilih yang dapat mengakomodir kebutuhan mereka.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectImplementasi Kebijakanen_US
dc.subjectSistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIM RS)en_US
dc.subjectPelayanan Kesehatanen_US
dc.subjectRumah Sakit Tk.II Putri Hijau Kesdam I/BB Medanen_US
dc.titleImplementasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIM RS) dalam Pemenuhan Pelayanan Kesehatan (Studi pada Rumah Sakit Tingkat II Putri Hijau Kesdam I/BB Medan)en_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nimNIM110903012
dc.identifier.nidnNIDN0004106104
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI63201#Ilmu Administrasi Publik
dc.description.pages179 Halamanen_US
dc.description.typeSkripsi Sarjanaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record