• Login
    View Item 
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Social Anthropology
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Social Anthropology
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Bisnis Pemasaran Jaringan (Studi tentang Pemanfaatan Relasi dan Strategi Member dalam Mengembangkan Bisnis Pemasaran Jaringan PT Melia Nature Indonesia di Stokist Medan Setia Budi)

    View/Open
    Fulltext (2.223Mb)
    Date
    2011
    Author
    Malau, Radinton
    Advisor(s)
    Ermansyah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Bisnis jaringan atau yang lebih sering dikenal MLM merupakan salah satu bisnis yang sudah ada sejak lama yakni di tahun 1940. Di Indonesia sendiri, bisnis pemasaran jaringan mulai ada sejak tahun 1986. Bisnis pemasaran jaringan adalah sebuah metode menjual barang secara langsung kepada konsumen melalui jaringan yang dikembangkan oleh para member. Sampai saat ini, bisnis pemasaran jaringan di Indonesia terus mengalami perkembangan, khususnya di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Medan dan kota lainnya. MLM PT. Melia Nature Idonesia salah satu MLM yang sedang mengalami perkembangan di kota-kota besar tersebut. Penelitian ini ditujukan terhadap member MLM Melia Nature Indonesia tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan srategi member dalam pemanfaatan relasi yang dimiliki member dalam mengembangkan bisnis pemasaran jaringan yang ditekuninya. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi partisipasi dan wawancara mendalam. Wawancara dilakukan terhadap member yang sudah menekuni dan hanya mengerjakan bisnis pemasaran jaringan di PT. Melia Nature Indonesia . Peneliti menggunakan alat bantu berupa tape recorder untuk merekam wawancara dan menggunakan kamere untuk mendokumentasikan kegiatan member. Analisa data dilakukan secara interpretatif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bisnis pemasaran jaringan tidak terlepas dari aspek sosial sosial budaya. Relasi-relasi yang dimiliki member seperti relasi biasa, patron-klien, dan relasi kekerabatan menjadi lahan bagi member untuk menawarkan bisnis pemasaran jaringan. Strategi memanfaatkan ketiga relasi tersebut selalu dilakukan oleh para pelaku bisnis pemasaran jaringan. Strategi member dalam mengembangkan jaringan dilakukan dengan 3 (tiga) cara yaitu: pertama, menyusun jaringan; kedua, melakukan prospek; ketiga, membantu dan mendidik downline. Dari strategi-strategi yang dilakukan member mulai dari membangun, mengembangkan hingga mempertahankan bisnis pemasaran jaringannya. Terlihat bahwa member senantiasa mengembangkan sistem pengetahuannya melalui proses belajar, baik secara bersama-sama maupun sendiri-sendiri yang kemudian mereka gunakan untuk menginterpretasi bisnis pemasaran jaringan yang mereka tekuni dan sekaligus untuk menyusun strategi kembali dalam menghadapi bisnis pemasaran jaringan.
    URI
    https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/60484
    Collections
    • Undergraduate Theses [939]

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV