Show simple item record

dc.contributor.advisorThamrin, Muhammad Husni
dc.contributor.authorThahirah, Fadhilla Dzikra Ath.
dc.date.accessioned2022-11-16T02:07:46Z
dc.date.available2022-11-16T02:07:46Z
dc.date.issued2015
dc.identifier.urihttps://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/60491
dc.description.abstractSalah satu tujuan pendirian Negara Kesatuan Republik Indonesia yang tercantum dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 berupaya meningkatkan kesejahteraan rakyat. Kesejahteraan tersebut harus dapat dinikmati secara berkelanjutan, adil, dan merata menjangkau seluruh rakyat. Jaminan sosial merupakan salah satu bentuk pelayanan publik yang menjadi misi negara untuk melaksanakannya. BPJS merupakan badan hukum dengan tujuan yaitu mewujudkan terselenggaranya pemberian jaminan untuk terpenuhinya kebutuhan dasar hidup yang layak bagi setiap peserta dan/atau anggota keluarganya. Pelayanan kesehatan BPJS mempunyai sasaran di dalam pelaksanaan akan adanya sustainibilitas operasional dengan memberi manfaat kepada semua yang terlibat dalam BPJS, pemenuhan kebutuhan medik peserta, dan kehati-hatian serta transparansi dalam pengelolaan keuangan BPJS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi Program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dalam Meningkatkan Pelayanan Kesehatan pada Rumah Sakit Tingkat II Putri Hijau Kesdam I/Bukit Barisan Medan dan untuk mengetahui hambatan apa saja yang dihadapi dalam Implementasi Program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dalam Meningkatkan Pelayanan Kesehatan pada Rumah Sakit Tingkat II Putri Hijau Kesdam I/Bukit Barisan Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Bentuk deskriptif adalah bentuk penelitian yang memusatkan perhatian pada masalah-masalah atau fenomena yang bersifat aktual pada saat penelitian dilakukan dan menggambarkan fakta-fakta tentang masalah yang diselidiki sebagaimana diikuti dengan interpretasi yang akurat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan Implementasi Program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) di Rumah Sakit Tingkat II Putri Hijau Kesdam I/Bukit Barisan Medan sudah dilaksanakan dengan baik, hal tersebut dapat dilihat dari proses pelaksanaan BPJS yang dilakukan sudah memenuhi tingkat kebutuhan kesehatan TNI dan masyarakat umum dengan adanya pelayanan BPJS tersebut. Diharapkan dengan adanya program BPJS tersebut maka akses pelayanan kesehatan semakin meningkat dan pada akhirnya tercapai derajat kesehatan masyarakat yang optimal secara efektif dan efisien.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectImplementasi BPJSen_US
dc.subjectPelayanan Kesehatanen_US
dc.subjectRumah Sakit Tingkat II Putri Hijau Kesdam I/BB Medanen_US
dc.titleImplementasi Program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dalam Meningkatkan Pelayanan Kesehatan (Studi pada Rumah Sakit Tingkat II Putri Hijau Kesdam I/Bukit Barisan Medan)en_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nimNIM110903013
dc.identifier.nidnNIDN0008016402
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI63201#Ilmu Administrasi Publik
dc.description.pages117 Halamanen_US
dc.description.typeSkripsi Sarjanaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record