Perbedaan Kepedulian Orang Tua pada Kegiatan Belajar Siswa Sekolah Dasar di Desa dan di Kota (Studi Komparasi di Kelurahan Batang Beruh dan Kota Sidikalang, Kabupaten Dairi)
Abstract
Seorang anak yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar mendapat kepedulian dari
orang tua yang bekerja sama dengan pihak sekolah pada kegiatan belajar sehari-hari.
Perhatian orang tua sangat diperlukan oleh anak dalam mengikuti segala kegiatan
yang akan dilakukan termasuk kegiatan belajar. Kegiatan belajar yang diperhatikan
orang tua tidak hanya di rumah, tetapi juga termasuk kegiatan belajar di sekolah.
Penelitian ini dilakukan pada orang tua yang berada di desa dan di kota, dimana
kedua wilayah tersebut diteliti dengan menggunakan model kajian yang sama yaitu
kepedulian orang tua pada kegiatan belajar anak dilakukan selama di sekolah dan
setelah pulang sekolah atau di rumah. Bentuk kepedulian orang tua dinyatakan dalam
bentuk keikutsertaan di rumah dan di sekolah, pengawasan belajar di rumah dan di
sekolah, dan juga memberikan motivasi di rumah dan di sekolah. Tujuan penelitian
ini untuk melihat sejauh mana perbedaan kepedulian orang tua yang bertempat
tinggal di desa dengan kepedulian orang tua yang bertempat tinggal di kota. Dari
hasil penelitian, menunjukkan bahwa responden di desa Batang Beruh memiliki
kepedulian yang lebih rendah pada anak daripada orang responden di kota Sidikalang
di kota memiliki perbedaan pada kepedulian pada kegiatan belajar selama di rumah
yaitu adalah pengawasan di rumah, dan kepedulian pada kegiatan sekolah setelah
pulang sekolah adalah keikutsertaan di sekolah, pengawasan di sekolah, dan
memberikan motivasi di sekolah. Orang tua di desa dan di kota mengalami
perbedaan dikarenakan oleh perbedaan kesibukan dalam mencari nafkah dan dan
perbedaan cara pandang dalam memberi perhatian pada anak melakukan kegiatan
belajar yang rutin baik di rumah maupun di sekolah.
Collections
- Undergraduate Theses [1028]
