Implementasi Peraturan Daerah Kota Medan Nomor 11 Tahun 2011 tentang Pajak Reklame (Studi tentang Penerbitan Izin Reklame di Kota Medan)
View/ Open
Date
2015Author
Noviansyah, Vivin Rahayu
Advisor(s)
Ridwan, Mohammad
Metadata
Show full item recordAbstract
Jika melihat pemandangan pada ruas-ruas jalan di Kota Medan maka akan
terlihat jelas bahwa banyaknya sampah reklame yang tata letaknya tidak tertata
dengan baik serta masih banyaknya reklame yang tidak mendaftarkan izin
reklame terkait. Dalam Peraturan Walikota Medan Nomor 17 Tahun 2014 yang
melakukan penerbitan izin reklame dilakukan di tiga tempat yang berbeda yaitu
Badan Pelayanan Perijinan Terpadu, Dinas Pendapatan dan Dinas Tata Ruang dan
Tata Bangunan. Dimana masing-masing dinas memiliki kewenangan yang
berbeda-beda dalam penerbitan izin reklame di Kota Medan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara jelas mengenai
pelaksanaan penerbitan izin reklame yang petunjuk teknis pelaksanaannya diatur
di dalam Peraturan Walikota Medan Nomor 17 Tahun 2014 dan untuk mengetahui
hambatan-hambatan dalam pelaksanaan pelayanan penerbitan izin reklame di
Kota Medan.
Jika dilihat dari tujuannya maka penelitian ini termasuk jenis yang bersifat
eksplanatif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data berasal dari sumber data
primer yaitu hasil wawancara dengan pejabat atau pegawai negeri sipil yang
bertugas melayani perizinan dan hasil wawancara dengan pengusaha advertising
reklame. Sumber data sekunder yaitu buku, literatur, peraturan perundang undangan, laporan, arsip, dan dari internet. Setelah data diperoleh lalu dilakukan
analisis data kualitatif yaitu dengan cara reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan maka
disimpulkan bahwa pelaksanaan penerbitan izin reklame di Kota Medan
berdasarkan Peraturan Walikota Medan Nomor 17 Tahun 2014 mengalami
beberapa hambatan. Diantaranya adalah pembagian kewenangan yang belum
berjalan dengan tupoksi dinas yang bersangkutan sehingga menimbulkan rasa
ingin menguasai dalam hal pelaksanaan penerbitan izin reklame ini, pelaksanaan
kebijakan yang belum berjalan sempurna karena masa peralihan penerbitan izin
reklame belum genap satu tahun pada saat penelitian ini dilakukan. Adanya
kebingungan yang dirasakan oleh para advertising reklame di Kota Medan dengan
banyaknya aturan-aturan yang harus dipenuhi serta adanya kegamangan dari
peraturan tersebut karena hingga akhir Desember 2014 pihak Dinas Tata Ruang
dan Tata Bangunan tidak mengeluarkan izin reklame.
Collections
- Undergraduate Theses [1935]
