• Login
    View Item 
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Public Administration
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Public Administration
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Struktur Birokrasi dan Kemampuan Sumber Daya Manusia terhadap Implementasi Kebijakan Retribusi Pengujian Kendaraan Bermotor di Kantor Unit Pelaksana Teknis Daerah – Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kota Medan

    View/Open
    Fulltext (1.245Mb)
    Date
    2015
    Author
    Andrian, Dian
    Advisor(s)
    Thamrin, Muhammad Husni
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Judul skripsi ini adalah: “Pengaruh Struktur Birokrasi Dan Kemampuan Sumber Daya Manusia Terhadap Implementasi Kebijakan Retribusi Pengujian Kendaraan Bermotor”, penelitian ini difokuskan pada hubungan Implementasi Kebijakan Retribusi Pengujian Kendaraan Bermotor dengan dua faktor yang mempengaruhinya yaitu struktur birokrasi dan kemampuan sumber daya manusia. Adapun yang melatar belakangi dilakukan penelitian ini adalah, karena persentase pelaksanaan retribusi pengujian kendaraan bermotor pada Kantor Unit Pelaksana Teknis Daerah Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kota Medan baru mencapai 154.946 kendaraan (74,26%) dan retribusi tersebut selalu mengalami kenaikan dan penurunan yang tidak menentu setiap tahunnya. Dari permasalahan diatas dapat diidentifikasikan masalah yang timbul adalah implementasi kebijakan yang kurang maksimal yang diduga karena (a) perubahan struktur birokrasi yang terjadi dalam jangka waktu yang cukup singkat seringkali menimbulkan perbedaan persepsi terhadap penataan struktur birokrasi itu sendiri, sehingga menimbulkan ketidakpastian, (b) adanya penambahan persyaratan diluar standar prosedur, (c) terdapat kecurangan yang dilakukan beberapa oknum petugas pengujian, (d) adanya pegawai yang kurang disiplin dalam menyelesaikan tugasnya sehingga tidak bisa tepat waktu, serta (e) rendahnya kemampuan pegawai dilihat dengan adanya penempatan pegawai yang tidak sesuai dengan keahlian, ketrampilan dan latar belakang pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksplanatori, yaitupenelitian yang menguji hipotesis tentang hubungan dan sebab akibat antarvariabel yang akan diteliti dengan mengacu pada hipotesis yang telah ditentukan,dengan pendekatan kuantitatif yang bersifat menekankan pada pengujian teori-teorimelalui pengukuran variabel variabel dengan adanya angka dan melakukananalisis dengan perhitungan statistik. Instrumen penelitian adalah penelitianangket dengan menggunakan kuesioner, dan dokumentasi sebagaiinstrumen pengumpulan data. Sedangkan teknik analisis data menggunakanstatistik parametris dan agar dapat diperoleh hasil yang efektif dan akuratpada saat melakukan analisis korelasi antara variabel bebas dan variabel terikat,dalam penelitian ini penulis menggunakan alat bantu komputer dengan programMicrosoft Excel 2007 dan Program SPSS Versi 15v setelah data yang dibutuhkan diperoleh. Dalam penelitian yang dilakukan terhadap 124 responden pemilik kendaraan bermotor yang sedang melakukan pengujian pada Kantor Unit Pelaksana Teknis Daerah Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kota Medan dengan membagikan 11 pertanyaan yang bertujuan untuk mengetahui pendapat tentang pengaruh struktur birokrasi dan kemampuan sumber daya manusia terhadap implementasi kebijakan retribusi pengujian kendaraan bermotor. Setelah dilakukan penelitian dan dilakukan uji statistik yang didukung data-data kuantitatif, didapat pengaruh antara variabel-variabel dalam penelitian ini serta dilakukan uji hipotesis antara struktur birokrasi dan kemampuan sumber daya manusia terhadap implementasi kebijakan retribusi pengujian kendaraan bermotor pada Kantor Unit Pelaksana Teknis Daerah Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kota Medan. Untuk korelasi sederhana dan uji korelasi ganda akan digunakan statistik koefisien korelasi Pearson Product Moment dan dilanjutkan dengan menghitung koefisien determinasi guna mengetahui besarnya pengaruh. Hasil penelitian menunjukkan struktur birokrasi (X1), kemampuan sumber daya manusia (X2) dan implementasi kebijakan retribusi pengujian kendaraan bermotor (Y). Uji korelasi menggunakan product moment antara variabel X1 dengan variabel Y menunjukkan bahwa r hitung sebesar 0,952, uji korelasi antara variabel X2 dengan variabel Y menunjukkan bahwa r hitung sebesar 0,944 dan uji koefisien korelasi ganda antara variabel X1 dan variabel X2 dengan variabel Y menunjukkan r hitung sebesar 0,910, apabila dilihat angka indeks korelasi yang diperoleh, yaitu : 0,952 (antara variabel X1 dengan variabel Y), 0,944 (antara variabel X2 dengan variabel Y) dan 0,910 (antara variabel X1 dan variabel X2 dengan variabel Y) dan diketahui r hitung lebih tingi daripada r tabel pada taraf signifikansi 5% yakni 0,176 berada pada arah yang positif sesuai pada tabel pedoman interpretasi koefisien korelasi terletak antara 0,80 - 1,000 dan dapat dinyatakan bahwa korelasi yang diperoleh tergolong sangat kuat, dengan demikian dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima. Untuk menyatakan besar kecilnya sumbangan variabel X1 dan variabel X2 terhadap variabel Y, analisis korelasi dilanjutkan dengan menghitung koefisien determinasi, dimana hasil hitung menunjukkan bahwa nilai persentase pengaruh antara variabel X1 dan variabel X2 dengan variabel Y sebesar 82,81% dan dapat diinterpretasikan varian yang terjadi pada variabel implementasi kebijakan retribusi pengujian kendaraan bermotor (Y) 82,81% ditentukan oleh varian yang terjadi pada variabel struktur organisasi (X1) dan kemapuan sumber daya manusia (X2). Dari hasil penelitian yang didapat, demi terwujudnya implementasi kebijakan retribusi pengujian kendaraan bermotor pada Kantor UPTD-PKB Dinas Perhubungan Kota Medan. Maka rekomendasi dari penelitian ini adalah; (1) Perlunya prosedur atau standar kerja yang ada yang bisa diimplementasikan oleh pegawai. Caranya dengan membuat prosedur atau standar kerja yang mampu dipahami dan diimplementasikan oleh semua pegawai, (2) Kesesuaian penempatan pegawai sesuai dengan keahlian, ketrampilan dan latar belakang pendidikan yang dimiliki implikasi kebijakan yang perlu diterapkan jelas melalui penataan kembali personil disesuaikan dengan latar belakang pendidikannya, (3) Penambahan baik kualitas maupun kuantitas sumber daya manusia melalui pendidikan baik yang didalam ruang lingkup kantor maupun yang di luar, sehingga pegawai mempunyai kemampuan yang lebih tinggi dalam melayani pengujian kendaraan bermotor.
    URI
    https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/60512
    Collections
    • Undergraduate Theses [1935]

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV