• Login
    View Item 
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Public Administration
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Public Administration
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kualitas Pelayanan Pengurusan Sertifikat Hak Milik atas Tanah (Studi pada Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Humbang Hasundutan)

    View/Open
    Fulltext (969.3Kb)
    Date
    2015
    Author
    Sigalingging, Morina Arizona
    Advisor(s)
    Arlina
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pelayanan merupakan sebuah hal yang tidak terlepas dari kehidupan negara, pemerintahan dan juga masyarakat. Pelayanan yang membuat pemerintah dan masyarakat menjadi saling bergantung dan berkaitan. Demikian halnya dengan pelayanan sertifikat hak milik atas tanah,pelayanan ini merupakan pelayanan yang juga sangat penting untuk kehidupan masyarakat, karena dengan pelayanan ini, masyarakat bisa mengurus sertifikat hak milik atas tanah mereka untuk mendapatkan hak penuh yang diakui sebagai pemilik tanah dan juga bisa membantu ekonomi masyarakat. Pelayanan yang diberikan hendaknya pelayanan yang berkualitas, dimana pelayanannya sesuai dengan prosedur dan dijalankan oleh para aktor pelayanan dengan sebaik mungkin, dan bisa diterima, dan dipahami oleh masyarakat. Penelitian ini dilaksanakan di kantor Badan Pertanahan Kabupaten Humbang Hasundutan. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penyusunan skripsi ini, diperoleh dari hasil wawancara dengan pegawai BPN Kabupaten Humbang Hasundutan, dan juga kepada masyarakat, selain itu data juga diperoleh dari hasil observasi dan dokumentasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini digunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dan dalam penelitian ini, peneliti menganalisis data dengan mengkonfirmasi seluruh existing data sekunder dan data primer (wawancara dan observasi) dan menyajikannya dengan analisis kualitatif. Dari penelitian yang penulis lakukan, dimana kualitas pelayanan pengurusan sertifikat hak milik atas tanah di BPN Kabupaten Humbang Hasundutan, sudah dilakukan dengan baik hanya saja masih terkendala dalam sosialisasi, karena masih susah untuk menjangkau semua masyarakat di Kabupaten Humbang Hasundutandan karena masih adanya ketidakseimbangan pegawai dan fasilitas lainnya.
    URI
    https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/60528
    Collections
    • Undergraduate Theses [1935]

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV