| dc.description.abstract | Pelayanan merupakan sebuah hal yang tidak terlepas dari kehidupan
negara, pemerintahan dan juga masyarakat. Pelayanan yang membuat pemerintah
dan masyarakat menjadi saling bergantung dan berkaitan. Demikian halnya
dengan pelayanan sertifikat hak milik atas tanah,pelayanan ini merupakan
pelayanan yang juga sangat penting untuk kehidupan masyarakat, karena dengan
pelayanan ini, masyarakat bisa mengurus sertifikat hak milik atas tanah mereka
untuk mendapatkan hak penuh yang diakui sebagai pemilik tanah dan juga bisa
membantu ekonomi masyarakat. Pelayanan yang diberikan hendaknya pelayanan
yang berkualitas, dimana pelayanannya sesuai dengan prosedur dan dijalankan
oleh para aktor pelayanan dengan sebaik mungkin, dan bisa diterima, dan
dipahami oleh masyarakat.
Penelitian ini dilaksanakan di kantor Badan Pertanahan Kabupaten
Humbang Hasundutan. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam
penyusunan skripsi ini, diperoleh dari hasil wawancara dengan pegawai BPN
Kabupaten Humbang Hasundutan, dan juga kepada masyarakat, selain itu data
juga diperoleh dari hasil observasi dan dokumentasi. Metode penelitian yang
digunakan dalam penyusunan skripsi ini digunakan metode penelitian deskriptif
dengan pendekatan kualitatif. Dan dalam penelitian ini, peneliti menganalisis data
dengan mengkonfirmasi seluruh existing data sekunder dan data primer
(wawancara dan observasi) dan menyajikannya dengan analisis kualitatif.
Dari penelitian yang penulis lakukan, dimana kualitas pelayanan
pengurusan sertifikat hak milik atas tanah di BPN Kabupaten Humbang
Hasundutan, sudah dilakukan dengan baik hanya saja masih terkendala dalam
sosialisasi, karena masih susah untuk menjangkau semua masyarakat di
Kabupaten Humbang Hasundutandan karena masih adanya ketidakseimbangan
pegawai dan fasilitas lainnya. | en_US |