• Login
    View Item 
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Public Administration
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Public Administration
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Kualitas Pelayanan Publik (Studi pada Kantor Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Samsat Medan Selatan)

    View/Open
    Fulltext (2.259Mb)
    Date
    2015
    Author
    Purba, Andrey Carver
    Advisor(s)
    Sihombing, Marlon
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pelayanan publik sebagai suatu proses kinerja organisasi, keterikatan dan pengaruh budaya organisasi sangatlah kuat. Secara spesifik peran penting yang dimainkan oleh budaya organisasi didalam menjalankan suatu organiasi adalah membantu menciptakan rasa memiliki terhadap organisasi, menciptakan jati diri para anggota organisasi, menciptakan keterikatan emosional antara organisasi dan pekerja yang terlibat didalamnya, membantu menciptakan stabilitas organisasi sebagai sistem sosial, dan menemukan pola pedoman perilaku sebagai hasil dari norma-norma kebiasaan yang terbentuk dalam keseharian. Hal ini yang menjadi salah satu kunci bagaimana suatu organisasi dapat meningkatkan kualitas pelayanannya. Hal tersebut juga lah yang menjadikan alasan penulis tertarik untuk memilih judul Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Studi Pada Kantor Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Samsat Medan Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh budaya organisasi terhadap kualitas pelayanan yang ada di kantor UPT Samsat Medan Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini bersifat kuantitatif. Data-data yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 (seratus) responden yang terdiri dari pegawai dan masyarakat. Selanjutnya data yang ada diolah dengan Teknik Korelasi Product Moment, Uji signifikan, dan koefisien determinan untuk melihat seberapa besar pengaruh variabel X terhadap variabel Y. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dari perhitungan uji antara variabel X dan variabel Y, maka diperoleh rxy = 0,76 dengan harga thitung = 11,576. Hal ini menunjukkan kefisien korelasi adalah signifikan dengan nilai test ststistik thitung>ttabel yang berarti Ho ditolak sedangkan H1 diterima, yaitu ada pengaruh yang positif antara budaya organisasi dengan kualitas pelayanan publik yang ada di kantor UPT Samsat Medan Selatan. sedangkan dari perhitungan koefisien determinan dapat dilihat bahwa budaya organisasi yang dimiliki pegawai kantor UPT Samsat Medan Selatan berpengaruh 57,90% terhadap kualitas pelayanan pada Kantor UPT Samsat Medan Selatan.
    URI
    https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/60608
    Collections
    • Undergraduate Theses [1935]

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV