• Login
    View Item 
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Public Administration
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Public Administration
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kualitas Pelayanan Pengurusan Sertifikat Hak Milik atas Tanah (Studi pada Kantor Pertanahan Kabupaten Karo)

    View/Open
    Fulltext (622.0Kb)
    Date
    2015
    Author
    Kemit, Elvira Rosa
    Advisor(s)
    Arlina
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pelayanan merupakan perwujudan dari fungsi pemerintahan sebagai bukti pengabdian kepada masyarakat. Rendahnya kualitas pelayanan instansi pemerintah di Indonesia saat ini mendorong pemerintah untuk segera memperbaiki kualitas pelayanannya, apalagi yang berhubungan dengan pelayanan pengurusan sertifikat hak milik atas tanah yang dicitrakan sebagai pelayanan yang berbelit-belit, memiliki prosedur yang rumit serta tidak adanya kepastian waktu dan mahalnya biaya pelayanan. Sementara tuntutan masyarakat akan pelayanan yang berkualitas saat ini sangat besar. Kualitas pelayanan sangat berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat dalam pengurusan sertifikat hak milik atas tanah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yakni dengan pusat perhatian pada masalah-masalah yang bersifat aktual dan menggambarkan fakta-fakta tentang masalah yang diteliti sebagaimana adanya diiringi dengan interpretasi rasional. Dalam skripsi ini yang menjadi tolak ukur pada kualitas pelayanan pengurusan sertifikat hak milik atas tanah adalah prosedur pelayanan, biaya pelayanan, waktu penyelesaian pelayanan, saran dan prasaran, serta kompetensi petugas pemberi layanan. Sementara itu, yang menjadi output dalam kualitas pelayanan adalah keputusan masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pengurusan sertifikat hak milik atas tanah pada Kantor Pertanahan Kabupaten Karo masih belum berkualitas karena prosedur pelayanan cenderung rumit, waktu penyelesaian sertifikat yang tidak sesuai dengan waktu yang dijadwalkan dan SOP, sarana dan prasana yang kurang memadai serta kondisi sumber daya manusia yang tidak memadai baik dari segi kualiatas maupun kuantitas. Selain itu, output dari kualitas pelayanan yakni kepuasan masyarakat belum mampu didapat pada pengurusan sertifikt hak milik atas tanah pada Kantor Pertanahan Kabupaten Karo. Dalam skripsi ini ditemukan pula fenomena lain seperti adanya calo dan masyarakat harus sering memantau berkas permohonan pengurusan sertifikat hak milik atas tanah agar berkas tersebut cepat di proses oleh panitia pengurusan sertifikat hak milik atas tanah.
    URI
    https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/60623
    Collections
    • Undergraduate Theses [1935]

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV