Show simple item record

dc.contributor.advisorArlina
dc.contributor.authorKemit, Elvira Rosa
dc.date.accessioned2022-11-16T03:26:53Z
dc.date.available2022-11-16T03:26:53Z
dc.date.issued2015
dc.identifier.urihttps://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/60623
dc.description.abstractPelayanan merupakan perwujudan dari fungsi pemerintahan sebagai bukti pengabdian kepada masyarakat. Rendahnya kualitas pelayanan instansi pemerintah di Indonesia saat ini mendorong pemerintah untuk segera memperbaiki kualitas pelayanannya, apalagi yang berhubungan dengan pelayanan pengurusan sertifikat hak milik atas tanah yang dicitrakan sebagai pelayanan yang berbelit-belit, memiliki prosedur yang rumit serta tidak adanya kepastian waktu dan mahalnya biaya pelayanan. Sementara tuntutan masyarakat akan pelayanan yang berkualitas saat ini sangat besar. Kualitas pelayanan sangat berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat dalam pengurusan sertifikat hak milik atas tanah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yakni dengan pusat perhatian pada masalah-masalah yang bersifat aktual dan menggambarkan fakta-fakta tentang masalah yang diteliti sebagaimana adanya diiringi dengan interpretasi rasional. Dalam skripsi ini yang menjadi tolak ukur pada kualitas pelayanan pengurusan sertifikat hak milik atas tanah adalah prosedur pelayanan, biaya pelayanan, waktu penyelesaian pelayanan, saran dan prasaran, serta kompetensi petugas pemberi layanan. Sementara itu, yang menjadi output dalam kualitas pelayanan adalah keputusan masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pengurusan sertifikat hak milik atas tanah pada Kantor Pertanahan Kabupaten Karo masih belum berkualitas karena prosedur pelayanan cenderung rumit, waktu penyelesaian sertifikat yang tidak sesuai dengan waktu yang dijadwalkan dan SOP, sarana dan prasana yang kurang memadai serta kondisi sumber daya manusia yang tidak memadai baik dari segi kualiatas maupun kuantitas. Selain itu, output dari kualitas pelayanan yakni kepuasan masyarakat belum mampu didapat pada pengurusan sertifikt hak milik atas tanah pada Kantor Pertanahan Kabupaten Karo. Dalam skripsi ini ditemukan pula fenomena lain seperti adanya calo dan masyarakat harus sering memantau berkas permohonan pengurusan sertifikat hak milik atas tanah agar berkas tersebut cepat di proses oleh panitia pengurusan sertifikat hak milik atas tanah.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectKualitas Pelayananen_US
dc.subjectKepuasan Masyarakaten_US
dc.titleKualitas Pelayanan Pengurusan Sertifikat Hak Milik atas Tanah (Studi pada Kantor Pertanahan Kabupaten Karo)en_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nimNIM130921023
dc.identifier.nidnNIDN0004035605
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI63201#Ilmu Administrasi Publik
dc.description.pages132 Halamanen_US
dc.description.typeSkripsi Sarjanaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record