Peran Petani Perempuan Dalam Pelaksanaan Pendidikan Anak Usia Dini Di Desa Namoriam Kec. Pancur Batu
View/ Open
Date
2008Author
Sembiring, Yance Trisnawaty
Advisor(s)
Sudirman, Sudirman
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini tujuan utamanya untuk memenuhi salah satu tugas akhir untuk
meraih gelar sarjana (S1). Penelitian ini terdiri dari 6 bab, 65 halaman, 16 tabel, 1
bagan, 6 foto serta 16 kepustakaan.
Sumber daya manusia merupakan kunci utama bagi suksesnya pembangunan
bangsa. Untuk itu pengembangan sumber daya manusia hendaknya diperhatikan
secara serius melalui pengembangan dari berbagai aspek terutama pendidikan.
Pendidikan hendaknya diberikan sejak usia dini, karena perkembangan otak cepat
terbentuk dan banyak keterampilan yang dikuasai bila dipelajari sejak usia dini.
Pentingnya pendidikan anak sejak usia dini menjadi motivasi bagi petani perempuan
di Desa Namoriam, Pancur Batu untuk mengadakan Pendidikan Anak Usia Dini
(PAUD).
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana peran petani
perempuan dalam pelaksanaan pendidikan anak usia dini, serta kendala dan faktor faktor yang khas dalam pelaksanaan pendidikan anak usia dini tersebut.
Bentuk penelitian ini adalah Deskriptif dengan metode Kualitatif serta
wawancara kepada informan kunci (key informan) untuk mengumpulkan data dari
proses pelaksanaan pendidikan anak usia dini di Desa Namoriam. Penelitian ini akan
berguna untuk menambah pengetahuan dan menganalisa persoalan yang dihadapi
petani perempuan, serta dapat memberikan masukan kepada petani perempuan dalam
melaksanakan pendidikan anak usia dini.
Dari hasil penelitian ini dapat digambarkan bahwa pelaksanaan pendidikan
anak usia dini yang dilakukan petani perempuan, dalam menjalankan misi sosial
sudah baik. Pendidikan yang diberikan oleh petani perempuan bentuknya seperti
mengajar membaca, menulis, berhitung dan Bahasa Inggris, kemudian petani
perempuan juga berperan sebagai pengasuh pengganti orang tua seperti memberikan
kenyamanan kepada anak usia dini dalam mengikuti PAUD, menanamkan nilai
budaya melalui tata krama dan memahami sifat anak serta pertumbuhan anak,
kemudian petani perempuan berperan juga sebagai membimbing dan melatih anak
seperti bermain dan menggambar . Semua pendidikan yang diberikan disusun secara
sederhana agar anak usia dini yang menerima pendidikan dapat memahami
pendidikan yang diberikan dalam pelaksanaan PAUD tersebut.
Collections
- Undergraduate Theses [1147]