• Login
    View Item 
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Sociology
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Sociology
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Dinamika Keluarga Pelajar yang Mengikuti Pendidikan Homeschooling

    View/Open
    Fulltext (2.319Mb)
    Date
    2010
    Author
    Ginting, Wina Kartika Br
    Advisor(s)
    Rizabuana
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Homeschooling merupakan salah satu alternatif dan buah dari pencarian sistem pendidikan yang paling sesuai untuk anak-anak. Homeschooling termasuk model pendidikan yang digunakan sebagai alternatif institusi sekolah. Sebagai sebuah model pendidikan anak, homeschooling memiliki persamaan dengan sekolah antara lain sama-sama bertujuan untuk mengantarkan anak-anak pada pencapaian terbaiknya. Homeschooling semakin marak dan diminati oleh masyarakat, karena sistem pendidikan ini mudah pelaksanaannya, selain itu orangtua dapat mengawasi anak-anaknya secara langsung, karena orangtualah yang melaksanakan dan memfasilitasi sistem pendidikan ini. Terjadi dinamika pada keluarga yang mengikuti pendidikan homeschooling, karena pemilihan sistem pendidikan dari sekolah formal menjadi sekolah informal atau sering disebut sekolah rumah. Dimana sekolah formal kegiatannya diawasi oleh guru dan staf pengajar lain, sementara orangtua hanya mempasrahkan pendidikan anaknya kesekolah tersebut, sedangkan sekolah rumah diawasi langsung oleh orangtua dan semua kegiatannya dilakukan oleh anak dan orangtuanya. Selain itu orangtua harus berperan penting dalam menjalankan pendidikan tersebut seperti memberikan bahan ajar, materi, kurikulum dalam belajar dan menumbuhkan sikap bertanggung jawab terhadap anak dalam menjalankan tugasnya. Sekolah rumah lebih menekankan peran orangtua dalam mendidik anak. Anak-anak yang mengikuti pendidikan informal ini diakui oleh pemerintah keberadaannya yaitu tercantum dalam Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dalam pasal 27 ayat(1) dikatakan kegiatan pendidikan informal yang dilakukan oleh keluarga dan lingkungan berbentuk kegiatan belajar secara mandiri. Lalu pada ayat (2) dikatakan bahwa hasil pendidikan sebagaimana dimaksudkan dalam ayat(1) diakui sama dengan pendidika formal dan nonformal setelah peserta didik lulus ujian sesuai dengan standar nasional pendidikan. Jadi secara hukum kegiatan persekolahan di rumah dilindungi oleh Undang-Undang.
    URI
    https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/60650
    Collections
    • Undergraduate Theses [1028]

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV