• Login
    View Item 
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Sociology
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Sociology
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Strategi Member Multi Level Marketing (MLM) dalam Pencapaian Jenjang Karier (Studi Deskriptif pada Upline MLM Oriflame di Kota Medan)

    View/Open
    Fulltext (2.659Mb)
    Date
    2014
    Author
    Nainggolan, Santi Julianti V
    Advisor(s)
    Manurung, Ria
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini berjudul Strategi Member dalam Pencapaian Jenjang Karier dengan studi deskriptif pada upline Multi Level Marketing (MLM) Oriflame Medan. Peneliti tertarik melakukan penelitian ini karena ada strategi yang dilakukan oleh upline kepada downline untuk mencapai jenjang karier yang ada di Oriflame dengan membentuk kelompok melalui perekrutan dan mempertahankan downline. Gambaran ini membuat peneliti tertarik untuk memaparkan mengenai hal yang dilakukan upline Multi Level Marketing (MLM) Oriflame dalam mencapai jenjang karier. Metode dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam dan studi kepustakaan. Adapun yang menjadi unit analisis dan informan dalam penelitian ini adalah 4 (empat) orang yang telah terdaftar menjadi member Oriflame dan sudah menjadi upline serta 3 (tiga) orang pemakai produk Oriflame dimulai dari anak sekolah SMA, kuliah dan pekerja. Hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa dengan merekrut dan mempertahankan downline merupakan strategi seorang upline untuk mencapai jenjang karier yang ada di Oriflame. Strategi upline dalam merekrut berupa menawarkan produk melalui katalog terbaru, mengajak orang lain untuk bergabung dan menghadiri beragam pertemuan Oriflame. Selain merekrut, upline juga harus mempertahankan downline dengan melakukan follow up (menghubungi) mereka kembali secara intens baik dari media elektronik maupun bertemu langsung, serta menjadi teman sharing saat downline sedang mengalami kesulitan dalam menjalankan bisnis Oriflame dan memberitahu produk terbaru serta mengajak downline ke kegiatan Oriflame. Di dalam mempertahankan downline ada dikenal dengan istilah kohesivitas yang mengacu pada kecenderungan para anggota agar tetap bersatu. Kohesivitas terbentuk oleh faktorfaktor yang membuat semua anggota kelompok bersama-sama memelihara kekompakan diantara mereka. Kepuasan atas hasil kerja pada setiap member itu pun berbeda-beda sehingga memungkinkan para upline dan downline untuk bekerja sama dalam bentuk kebutuhan serta harapan yang berbeda. Keuntungan yang didapat melalui tiap tingkatan yang diberikan Oriflame menimbulkan stimulus yang baik buat para upline untuk lebih giat merekrut dan mempertahankan downline. Keuntungan tersebut bisa didapat melalui penjualan produk dimana setiap produk yang dijual menghasilkan poin. Mencapai titel tertinggi, seorang upline akan membentuk group untuk dapat menguatkan dan membantu dalam penjualan produk dan pengumpulan poin.
    URI
    https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/60659
    Collections
    • Undergraduate Theses [1028]

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV