Show simple item record

dc.contributor.advisorManurung, Ria
dc.contributor.authorNainggolan, Santi Julianti V
dc.date.accessioned2022-11-16T03:45:41Z
dc.date.available2022-11-16T03:45:41Z
dc.date.issued2014
dc.identifier.urihttps://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/60659
dc.description.abstractPenelitian ini berjudul Strategi Member dalam Pencapaian Jenjang Karier dengan studi deskriptif pada upline Multi Level Marketing (MLM) Oriflame Medan. Peneliti tertarik melakukan penelitian ini karena ada strategi yang dilakukan oleh upline kepada downline untuk mencapai jenjang karier yang ada di Oriflame dengan membentuk kelompok melalui perekrutan dan mempertahankan downline. Gambaran ini membuat peneliti tertarik untuk memaparkan mengenai hal yang dilakukan upline Multi Level Marketing (MLM) Oriflame dalam mencapai jenjang karier. Metode dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam dan studi kepustakaan. Adapun yang menjadi unit analisis dan informan dalam penelitian ini adalah 4 (empat) orang yang telah terdaftar menjadi member Oriflame dan sudah menjadi upline serta 3 (tiga) orang pemakai produk Oriflame dimulai dari anak sekolah SMA, kuliah dan pekerja. Hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa dengan merekrut dan mempertahankan downline merupakan strategi seorang upline untuk mencapai jenjang karier yang ada di Oriflame. Strategi upline dalam merekrut berupa menawarkan produk melalui katalog terbaru, mengajak orang lain untuk bergabung dan menghadiri beragam pertemuan Oriflame. Selain merekrut, upline juga harus mempertahankan downline dengan melakukan follow up (menghubungi) mereka kembali secara intens baik dari media elektronik maupun bertemu langsung, serta menjadi teman sharing saat downline sedang mengalami kesulitan dalam menjalankan bisnis Oriflame dan memberitahu produk terbaru serta mengajak downline ke kegiatan Oriflame. Di dalam mempertahankan downline ada dikenal dengan istilah kohesivitas yang mengacu pada kecenderungan para anggota agar tetap bersatu. Kohesivitas terbentuk oleh faktorfaktor yang membuat semua anggota kelompok bersama-sama memelihara kekompakan diantara mereka. Kepuasan atas hasil kerja pada setiap member itu pun berbeda-beda sehingga memungkinkan para upline dan downline untuk bekerja sama dalam bentuk kebutuhan serta harapan yang berbeda. Keuntungan yang didapat melalui tiap tingkatan yang diberikan Oriflame menimbulkan stimulus yang baik buat para upline untuk lebih giat merekrut dan mempertahankan downline. Keuntungan tersebut bisa didapat melalui penjualan produk dimana setiap produk yang dijual menghasilkan poin. Mencapai titel tertinggi, seorang upline akan membentuk group untuk dapat menguatkan dan membantu dalam penjualan produk dan pengumpulan poin.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.titleStrategi Member Multi Level Marketing (MLM) dalam Pencapaian Jenjang Karier (Studi Deskriptif pada Upline MLM Oriflame di Kota Medan)en_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nimNIM080901036
dc.identifier.nidnNIDN0003126204
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI69201#Sosiologi
dc.description.pages90 Halamanen_US
dc.description.typeSkripsi Sarjanaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record