• Login
    View Item 
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Public Administration
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Public Administration
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Efektivitas Penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) Administrasi dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan Masyarakat

    View/Open
    Fulltext (2.978Mb)
    Date
    2016
    Author
    Pertiwi, Anggun Diny
    Advisor(s)
    Ridho, Hatta
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kesehatan merupakan kekayaan yang tidak ternilai bagi kehidupan manusia. Di Indonesia, Pembangunan kesehatan merupakan upaya untuk memenuhi salah satu hak dasar rakyat, yaitu hak untuk memperoleh pelayanan kesehatan sesuai dengan Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 28 H ayat (1) dan Undang-Undang nomor 23 tahun 1992 Tentang Kesehatan. Dengan demikian Rumah Sakit merupakan ujung tombak dalam pengembangan kesehatan masyarakat yang juga membina peran serta masyarakt disamping memberikan pelayanan secara menyeluruh dan terpadu kepada masyarakat diwilayah kerjanya. Dalam penelitian ini terdapat masalah yang mengakibatkan tidak maksimalnya pelayanan yang diberikan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas penerapan standar operasional prosedur administrasi Rumah Sakit Dr. Komang Makes. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana efektivitas penerapan standar operasional prosedur administrasi dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat, apa kendala yang dihadapai dan apa saja harapan-harapan masyarakat kedepannya. Metode yang digunakan adalah metode deskritif dengan pendekatan kualitatif. Metode deskriptif bermaksud membuat penyadaran secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta yang ada. Data-data dalam penelitian ini diperoleh dengan wawancara yang dilakukan oleh 4 narasumber terdiri dari satu orang informan kunci dan tiga orang informan utama. Setelah data dari lapangan diperoleh kemudian diolah berdasarkan model pengolahan yang sesuai dengan karakteristik data. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka diperoleh hasil bahwa Rumah Sakit Angkatan Laut Komang Makes Belawan masih belum efektif dalam menerapkan standar operasional prosedur administrasi karena kurangnya Sumber Daya Manusia, perlengkapan medis, dan masih belum berjalannya program secara maksimal. Hal ini dapat diketahui dari data-data yang dikumpul oleh penulis dilapangan.Adapun saran dalam penelitian ini adalah perlunya penambahan tenaga ahli medis, seperti dokter spesialis dan perawat sehingga mampu melayani seluruh komponen masyarakat, bukan hanya prajurit saja. Pihak RUMKITAL perlu penambahan pelengakapan untuk menunjang kebutuhan medis dan menjalankan program/ kegiatan secara maksimal agar pelayanan kesehatan masyarakat yang diberikan lebih berkualitas.
    URI
    https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/60684
    Collections
    • Undergraduate Theses [1935]

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV