“Strategi Pedagang Waralaba Dalam Merekrut Pelanggan (Studi Deskripsi : Pedagang Tela-Tela Fried Cassava di Jalan Gatot Subroto, Kelurahan Petisah Tengah, Kecamatan Medan Petisah

View/ Open
Date
2008Author
Rakhmadani, Arlisa
Advisor(s)
Sismudjito
Badaruddin
Metadata
Show full item recordAbstract
Penulisan skripsi yang berjudul “Strategi Pedagang Waralaba
Dalam Merekrut Pelanggan (Studi Deskripsi : Pedagang Tela-Tela Fried
Cassava di Jalan Gatot Subroto, Kelurahan Petisah Tengah, Kecamatan
Medan Petisah, berawal dari maraknya pedagang waralaba yang
mempunyai produk sejenis yaitu tela-tela. Persaingan global yang telah
mengubah peta persaingan melahirkan sistem pemasaran baru yaitu
waralaba. Dengan bertambahnya pesaing-pesaing baru dalam dunia
usaha membuat para pengusaha atau pedagang harus berpikir seoptimal
mungkin untuk mencapai tujuan serta mempertahankan keberadaan para
pelanggan dan pembeli (konsumen) yang memegang peranan penting
dalam keberlangsungan sirkulasi pasar.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Adapun
yang menjadi unit analisa dan informan dalam penelitian ini adalah
Master Franchisee, Sub Master Franchisee, karyawan serta pembeli dan
pelanggan. Interpretasi data dilakukan dengan menggunakan catatan catatan dari setiap kali turun lapangan.
Hasil penelitian lapangan menunjukkan bahwa tingginya
kompetisi pasar di wilayah tersebut baik produk lokal maupun luar
negeri membuat pedagang Tela-Tela harus mampu melakukan
kreativitas maupun inovasi produk. Harga murah, kemasan pembungkus,
ramah tamah karyawan, dan produk Tela-Tela Fried Cassava yang
diolah dengan bahan tradisional dan keunggulan rasa yang modren yaitu
rasa keju, barbeque, ayam, pizza, kebab, balado, lado mudo, rujak,
pepperoni, pedas asin, pedas manis, super pedas, jagung manis, jagung
pedas, jagung bakar dan campur, membuat pedagang Tela-Tela Fried
Cassava dapat bertahan dan merekrut pelanggan. Warna yang mencolok
di gerai merupakan daya tarik terbesar untuk menarik perhatian
pelanggan. Untuk menghadapi persaingan produk sejenis, maka Tela Tela Fried Cassva mempertahankan kualitas, meningkatkan aneka
produk serta memiliki hak paten merek Tela-Tela Fried Cassava.
Bertahannya pelanggan membeli produk Tela-Tela Fried Cassava adalah
strategi-strategi yang berhasil dilakukan dalam merekrut pelanggan
Collections
- Undergraduate Theses [1028]
