Batik Motif Medan dalam Ekonomi Kreatif” (Studi Etnografi di Kecamatan Medan Tembung, Medan)
View/ Open
Date
2012Author
Prianita, Beth Rinchi
Advisor(s)
Savitri, Nita
Metadata
Show full item recordAbstract
ABSTRAK
Beth Rinchi Prianita 2012. Judul skripsi: “BATIK MOTIF MEDAN
DALAM EKONOMI KREATIF” (Studi Etnografi di Kecamatan Medan
Tembung, Medan). Skripsi ini terdiri dari 5 bab, 92 halaman, 4 tabel, 18
gambar, daftar pustaka serta lampiran.
Skripsi ini mendeskripsikan mengenai: “ BATIK MOTIF MEDAN
DALAM EKONOMI KREATIF “ (Studi Etnografi di Kecamatan Medan
Tembung, Medan). Kajian ini menjelaskan tentang keberadaan Batik Motif
Medan dalam era ekonomi/ industri kreatif yang ditinjau dari motivasi-motivasi
kewirausahaan pelaku, strategi-strategi ekonomi pelaku, dan kegiatan-kegiatan
ekonomi pelaku secara formal.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
korelasi dan implementasi penggalakan pemetaan ekonomi/industri kreatif
terhadap sub-sektor industri kreatif kerajinan Batik Motif Medan. Di samping itu
penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kegiatan
ekonomi pada industri yang masih tergolong kepada industri kecil menengah,
mengenai motivasi usaha dan strategi yang dilakukan oleh untuk
keberlangsungan usaha tersebut. Penelitian ini menggunakan metode etnografi
dengan teknik pengumpulan data seperti observasi, observasi partisipasi
terhadap kegiatan-kegiatan yang terjadi di rumah industri tersebut, wawancara ,
literatur, dan bahan visual. Berdasarkan teknik-teknik pengumpulan data
tersebut, maka diperoleh data-data yang kemudian dianalisis dan hasilnya sesuai
dengan rumusan masalah yang didasarkan pada hasil obseravi dan wawancara
yang dilakukan.
Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa belum adanya implementasi
penggalakan pemetaan ekonomi/industri kreatif oleh pemerintah terhadap sub sektor industri kreatif kerajinan Batik Motif Medan. Para pelaku usaha belum
sepenuhnya memperoleh perhatian dari pemerintah yang berwenang dalam hal
ini. Justru ada pihak yang mengatasnamakan industri kreatif dengan membentuk
suatu lembaga asosiasi tapi pada akhirnya hanya sebuah modus. Motivasi serta
faktor-faktor yang melatarbelakangi untuk melakukan wirausaha didasarkan
pada keinginan untuk mencoba berdiri sendiri dengan usaha sendiri dan
berspekulasi dengan hal baru, yang ditandai dengan adanya ide kreatif
penuangan motif-motif yang dipilih sesuai dengan nama produknya, dan lebih
memilih meninggalkan pekerjaan lama untuk menekuni usaha tersebut. Untuk
tetap menjaga keberlangsungan usaha, pelaku usaha melakukan beberapa
strategi yakni strategi produksi dan strategi moral. Strategi tersebut dilakukan
dengan dasar kekeluargaan, itulah yang termasuk ke dalam strategi moral oleh
pelaku.
Kata-kata Kunci: Ekonomi Kreatif, Wirausaha dan Strategi Usaha
Collections
- Undergraduate Theses [939]