Show simple item record

dc.contributor.advisorSavitri, Nita
dc.contributor.authorPrianita, Beth Rinchi
dc.date.accessioned2022-11-16T07:04:40Z
dc.date.available2022-11-16T07:04:40Z
dc.date.issued2012
dc.identifier.urihttps://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/60891
dc.description.abstractABSTRAK Beth Rinchi Prianita 2012. Judul skripsi: “BATIK MOTIF MEDAN DALAM EKONOMI KREATIF” (Studi Etnografi di Kecamatan Medan Tembung, Medan). Skripsi ini terdiri dari 5 bab, 92 halaman, 4 tabel, 18 gambar, daftar pustaka serta lampiran. Skripsi ini mendeskripsikan mengenai: “ BATIK MOTIF MEDAN DALAM EKONOMI KREATIF “ (Studi Etnografi di Kecamatan Medan Tembung, Medan). Kajian ini menjelaskan tentang keberadaan Batik Motif Medan dalam era ekonomi/ industri kreatif yang ditinjau dari motivasi-motivasi kewirausahaan pelaku, strategi-strategi ekonomi pelaku, dan kegiatan-kegiatan ekonomi pelaku secara formal. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan korelasi dan implementasi penggalakan pemetaan ekonomi/industri kreatif terhadap sub-sektor industri kreatif kerajinan Batik Motif Medan. Di samping itu penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kegiatan ekonomi pada industri yang masih tergolong kepada industri kecil menengah, mengenai motivasi usaha dan strategi yang dilakukan oleh untuk keberlangsungan usaha tersebut. Penelitian ini menggunakan metode etnografi dengan teknik pengumpulan data seperti observasi, observasi partisipasi terhadap kegiatan-kegiatan yang terjadi di rumah industri tersebut, wawancara , literatur, dan bahan visual. Berdasarkan teknik-teknik pengumpulan data tersebut, maka diperoleh data-data yang kemudian dianalisis dan hasilnya sesuai dengan rumusan masalah yang didasarkan pada hasil obseravi dan wawancara yang dilakukan. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa belum adanya implementasi penggalakan pemetaan ekonomi/industri kreatif oleh pemerintah terhadap sub sektor industri kreatif kerajinan Batik Motif Medan. Para pelaku usaha belum sepenuhnya memperoleh perhatian dari pemerintah yang berwenang dalam hal ini. Justru ada pihak yang mengatasnamakan industri kreatif dengan membentuk suatu lembaga asosiasi tapi pada akhirnya hanya sebuah modus. Motivasi serta faktor-faktor yang melatarbelakangi untuk melakukan wirausaha didasarkan pada keinginan untuk mencoba berdiri sendiri dengan usaha sendiri dan berspekulasi dengan hal baru, yang ditandai dengan adanya ide kreatif penuangan motif-motif yang dipilih sesuai dengan nama produknya, dan lebih memilih meninggalkan pekerjaan lama untuk menekuni usaha tersebut. Untuk tetap menjaga keberlangsungan usaha, pelaku usaha melakukan beberapa strategi yakni strategi produksi dan strategi moral. Strategi tersebut dilakukan dengan dasar kekeluargaan, itulah yang termasuk ke dalam strategi moral oleh pelaku. Kata-kata Kunci: Ekonomi Kreatif, Wirausaha dan Strategi Usahaen_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectEkonomi Kreatifen_US
dc.subjectWirausaha dan Strategi Usahaen_US
dc.titleBatik Motif Medan dalam Ekonomi Kreatif” (Studi Etnografi di Kecamatan Medan Tembung, Medan)en_US
dc.identifier.nimNIM080905027
dc.identifier.nidnNIDN0025016102
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI82201#Antropologi Sosial
dc.description.pages100 Halamanen_US
dc.description.typeSkripsi Sarjanaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record