• Login
    View Item 
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Public Administration
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Public Administration
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Implementasi Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No.59 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (Studi pada Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Medan)

    View/Open
    Fulltext (452.7Kb)
    Date
    2015
    Author
    Indraloka, Zulfati
    Advisor(s)
    Kariono
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penyelenggaraan pendidikan sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional diharapkan dapat mewujudkan proses berkembangnya kualitas pribadi peserta didik sebagai generasi penerus bangsa di masa depan, yang diyakini akan menjadi faktor determinan bagi tumbuh kembangnya bangsa dan negara Indonesia sepanjang jaman. Berdasarkan Peraturan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 59 Tahun 2014, proses pembelajaran menurut kurikulum 2013 adalah suatu proses pendidikan yang memberikan kesempatan bagi siswa agar dapat mengembangkan segala potensi yang mereka miliki menjadi kemampuan yang semakin lama semakin meningkat dilihat dari aspek sikap (afektif), pengetahuan (kognitif), dan keterampilan (psikomotorik). Tempat ataupun lokasi penelitian ini dilaksanakan yakni di SMA Negeri 3 Medan, Jl. Budi Kemasyarakatan No. 3 Medan. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif, dalammengumpulkan datayang diperlukan untukmenjawab permasalahan secara mendalam,adabeberapatahapanyang dilakukanpenulis,yaitu; pertama,penelitian diawali denganpengumpulanberbagaidokumenSMA Negeri 3 Medan seperti Susunan Organisasi danberbagaihalyang berkaitan dengan permasalahanyangingin dijawab.Kedua, penulismelakukansejumlah wawancaradenganguruSMA Negeri 3 Medanyangberkaitan denganmasalah yang diteliti.Adapun yangmenjadiinformannyaadalahinforman kunciyaituKepala kurikulum SMA Negeri 3 Medan, informanutamayaituguru mata pelajaran Bahasa Inggris dan informan tambahan yaitu siswa SMA Negeri 3 Medan. Hasilwawancara terhadap informan menunjukkankenyataan bahwa pengimplementasian kurikulum 2013 di SMAN 3 Medan sudah berjalan selama 2 tahun, berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilaksanakan oleh penulis, keseluruhan siswa sudah mengetahui tentang kurikulum 2013 dan metode pembelajarannya, hal ini tidak terlepas dari niat SMAN 3 Medan untuk menjalankan keputusan pemerintah tentang kurikulum 2013
    URI
    https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/60936
    Collections
    • Undergraduate Theses [1933]

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV