| dc.description.abstract | Penyelenggaraan pendidikan sebagaimana yang diamanatkan dalam
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
diharapkan dapat mewujudkan proses berkembangnya kualitas pribadi peserta
didik sebagai generasi penerus bangsa di masa depan, yang diyakini akan menjadi
faktor determinan bagi tumbuh kembangnya bangsa dan negara Indonesia
sepanjang jaman. Berdasarkan Peraturan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Nomor 59 Tahun 2014, proses pembelajaran menurut kurikulum 2013 adalah
suatu proses pendidikan yang memberikan kesempatan bagi siswa agar dapat
mengembangkan segala potensi yang mereka miliki menjadi kemampuan yang
semakin lama semakin meningkat dilihat dari aspek sikap (afektif), pengetahuan
(kognitif), dan keterampilan (psikomotorik).
Tempat ataupun lokasi penelitian ini dilaksanakan yakni di SMA Negeri 3
Medan, Jl. Budi Kemasyarakatan No. 3 Medan. Penelitian ini termasuk penelitian
kualitatif, dalammengumpulkan datayang diperlukan untukmenjawab
permasalahan secara mendalam,adabeberapatahapanyang dilakukanpenulis,yaitu;
pertama,penelitian diawali denganpengumpulanberbagaidokumenSMA Negeri 3
Medan seperti Susunan Organisasi danberbagaihalyang berkaitan dengan
permasalahanyangingin dijawab.Kedua, penulismelakukansejumlah
wawancaradenganguruSMA Negeri 3 Medanyangberkaitan denganmasalah yang
diteliti.Adapun yangmenjadiinformannyaadalahinforman kunciyaituKepala
kurikulum SMA Negeri 3 Medan, informanutamayaituguru mata pelajaran Bahasa
Inggris dan informan tambahan yaitu siswa SMA Negeri 3 Medan.
Hasilwawancara terhadap informan menunjukkankenyataan bahwa
pengimplementasian kurikulum 2013 di SMAN 3 Medan sudah berjalan selama 2
tahun, berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilaksanakan oleh
penulis, keseluruhan siswa sudah mengetahui tentang kurikulum 2013 dan metode
pembelajarannya, hal ini tidak terlepas dari niat SMAN 3 Medan untuk
menjalankan keputusan pemerintah tentang kurikulum 2013 | en_US |