Pengaruh Pelaksanaan Penilaian Kinerja terhadap Produktivitas Kerja Karyawan (Studi pada Call Center PT Telkomsel Medan)
Abstract
Manajemen sumber daya manusia mempunyai peran utama dan merupakan kunci
pokok dalam setiap kegiatan perusahaan. Salah satu pelaksanaan manajemen sumber daya
manusia yaitu adanya sistem penilaian kinerja. Dengan adanya pelaksanaan Penilaian
kinerja diharapkan akan memberikan feed back yang tepat, dan akhirnya membawa
perubahan perilaku karyawan kearah peningkatan produktivitas kerja.
Sedangkan yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui
bagaimana pelaksanaan penilaian kinerja dan produktivitas kerja karyawan yang ada pada
Call Center PT. Telkomsel Medan. Dan secara khusus untuk mengetahui pengaruh
pelaksanaan penilaian kinerja terhadap produktivitas kerja karyawan pada Call Center PT.
Telkomsel Medan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional dengan
mengunakan pendekatan kuantitatif. Data-data dalam penelitian ini diperoleh dengan
menyebarkan kuisoner kepada 50 responden yang menjadi sampel. Kemudian diolah
dengan menggunakan rumus koefisien korelasi product moment, untuk mengetahui ada
atau tidaknya hubungan antara penilaian kinerja dengan produktivitas kerja. Kemudian
dilanjutkan dengan koefisien determinan, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh yang
ditimbulkan oleh penilaian kinerja terhadap produktivitas kerja.
Berdasarkan hasil analisa data diperoleh bahwa pelaksanaan penilaian kinerja pada
Call Center PT.Telkomsel Medan berada pada kategori sedang, begitu juga halnya dengan
produktivitas kerja pada Call Center PT.Telkomsel Medan berada pada kategori sedang,
hasil ini berdasarkan pada persentase jawaban responden. Adapun pengaruh antara
pelaksanaan penilaian kinerja terhadap produktivitas kerja karyawan pada Call Center PT.
Telkomsel Medan berdasarkan perhitungan rumus koefisien korelasi product moment yaitu
sebesar 0,535 atau lebih besar dari r-tabel koefisien korelasi product moment dengan taraf
signifikan (α ) 5% untuk N = 50 yaitu sebesar O,279. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa terdapat hubungan yang positif antara pelaksanaan penilaian kinerja terhadap
produktivitas kerja karyawan pada Call Center PT. Telkomsel Medan. Kemudian dari hasil
perhitungan koefisien determinan diperoleh bahwa besarnya pengaruh pelaksanaan
penilaian kinerja terhadap produktivitas kerja karyawan pada Call Center PT. Telkomsel
Medan adalah sebesar 28,59%, dan sisanya 71,41% dipengaruhi oleh faktor lain yang
belum diperhitungkan dalam penelitian ini.
Collections
- Undergraduate Theses [1933]