Implementasi Program BPJS Kesehatan dalam Pelayanan Kesehatan di Pusat Kesehatan Masyarakat (PUSKESMAS) (Studi Pada : Puskesmas Kentara Kec. Laeparira Kab.Dairi Sumatera Utara)
View/ Open
Date
2016Author
Simangunsong, Anne Wina Sari
Advisor(s)
Ginting, Rasudyn
Metadata
Show full item recordAbstract
Jaminan kesehatan di Indonesia bukanlah barang baru, dari tahun 1985 Indonesia
sudah mengenal asuransi kesehatan untuk tenaga kerja, lalu berkembang menjadi PT
ASKES (Persero) dan PT Jamsostek (Persero). Untuk menuju penjaminan kesehatan
yang lebih baik dan menyeluruh, awal tahun 2014 pemerintah Indonesia melalui Undang-
Undang No. 40 tahun 2014 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional meluncurkan
program yang dikenal dengan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) melalui program BPJSKesehatan.
Namun pada pelaksanaannya masih banyak terdapat kendala, terutama karena
terbatas nya fasilitas IT yang ada pada Puskesmas Kentara sehingga berpengaruh
terhadap Klaim berkas Program BPJS-Kesehatan. Masalah yang diteliti adalah gambaran
implementasi kebijakan Program BPJS-Kesehatan pada Puskesmas Kentara, kecamatan
Laeparira kabupaten Dairi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang didukung oleh data
primer berupa hasil wawancara mendalam serta data sekunder berupa telaah dokumen.
Teknik analisis data menggunakan teknik analisis konten. Penelitian ini dilakukan pada
Desember 2015.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Program BPJS-Kesehatan
pada Puskesmas Kentara Sudah baik namun belum maksimal dalam pelaksanaannya,
terutama dalam hal pencairan klaim yang masih terlambat, teknologi informasi yang
belum maksimal, serta SDM non-medis yang masih kurang mencukupi.
Untuk itu disarankan Puskesmas Kentara Kecamatan Laeparira agar meningkatan
performa dalam penyelenggaraan Program BPJS-Kesehatan di Puskesmas Kentara dalam
hal pemberkasan klaim BPJS-Kesehatan dengan penjadwalan yang tepat, perhitungan
proporsi SDM non-medis, serta peningkatan kapasitas manajemen Puskesmas agar
semakin baik.
Collections
- Undergraduate Theses [1933]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Kualitas Pelayanan Publik di Bidang Kesehatan dalam Penyelenggaraan Pelayanan Program BPJS Kesehatan di Pusat Kesehatan Masyarakat (Studi pada: Puskesmas Perbaungan, Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai)
Halim, Akbar (Universitas Sumatera Utara, 2017)Salah satu fungsi Pemerintah yang harus dijalankan adalah Pelayanan Publik. Pelayanan publik yang menjadi fokus penelitian adalah bagaimana kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat melalui instansi ... -
Pelaksanaan Program Rujuk Balik Pelayanan Kesehatan (Studi Kasus Pelaksanaan Program Rujuk Balik Pelayanan Kesehatan pada Program Jaminan Kesehatan Nasional di Puskesmas Plus Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai Tahun 2016)
Ginting, Rosmeri (Universitas Sumatera Utara, 2016)Refer Back Program Services (PRB) is a health provided for patients who suffer from chronic diseases in stable condition and still require long-term nursing care carried out in First-Level Health Facility (FKTP) on the ... -
Hubungan Faktor Sosiodemografi dan Sosiopsikologi terhadap Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Rawat Jalan Peserta Jaminan Pemeliharaan Kesehatan Jamsostek di Pusat Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama PT. Jamsostek (PERSERO) Kantor Cabang Belawan Tahun 2013
Ridha, Aisyatur (Universitas Sumatera Utara, 2014)The level of the use of JPK (Health Care Security) program of PT Jamsostek (Persero), Belawan Branch Office, from 2008 to 2011 was not in accordance with the stipulated indicator figure of 12% to 17%. The use of health ...