Pengaruh Prosedur Administrasi terhadap Efektivitas Pelayanan Publik (Studi tentang Pelayanan Paspor pada Kantor Imigrasi Kelas II Pematang Siantar)
View/ Open
Date
2012Author
Purba, Gustina
Advisor(s)
Trimurni, Februati
Metadata
Show full item recordAbstract
Salah satu fungsi utama pemerintah adalah menyelenggarakan kegiatan
pembangunan dan pelayanan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.
Perkembangan kehidupan masyarakat saat ini cenderung semakin kompleks. Hal
ini ditandai dengan semakin beragamnya dan meningkatnya harapan atas
terpenuhinnya kebutuhan masyarakat. Dalam kondisi masyarakat yang disebutkan
diatas maka pelayanan publik harus memberikan layanan yang efektif, salah
satunya adalah pelayanan administrasi. Kantor Imigrasi Kelas II Pematang Siantar
adalah salah satu instansi penyelenggara pelayanan publik yang sering mendapat
kritikan dari masyarakat mengenai proses pengurusan pembuatan paspor yang
berbelit-belit, biaya yang mahal, dan waktu penyelesaian yang sangat lama.
Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh prosedur administrasi
terhadap efektivitas pelayanan publik di Kantor Imigrasi Kelas II Pematang
Siantar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian asosiatif
kausal dengan analisis kuantitatif. Hipotesis yang dikemukakan adalah “Prosedur
administrasi berpengaruh terhadap efektivitas pelayanan publik”. Data yang
diperoleh melalui kuesioner dari 30 responden yang merupakan masyarakat yang
melakukan pengurusan paspor di Kantor Imigrasi Kelas II Pematang Siantar, dan
beberapa orang pegawai sebagai pembanding. Kemudian dianalisis dengan
koefesien korelasi product moment, uji signifikan, dan koefesien determinan.
Analisis tersebut menunjukan hasil bahwa prosedur administrasi
mempunyai pengaruh terhadap efektivitas pelayanan publik di Kantor Imigrasi
Kelas II Pematang Siantar, dan pengaruhnya berada dalam kategori kuat. Hal ini
terbukti dari perhitungan r = 0,745, dan ini berarti koefesien korelasi menunjukan
hubungan yang positif antara prosedur administrasi terhadap efektivitas pelayanan
publik dengan signifikasi sebesar 55,5%. Ini dapat diartikan bahwa efektivitas
pelayanan publik di Kantor Imigrasi Kelas II Pematang Siantar dipengaruhi oleh
prosedur administrasi dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas
dalam penelitian ini.
Collections
- Undergraduate Theses [1933]